Harian Pagi Padang Ekspres | Koran.Padek.co

Bakar Sampah, Gudang Kertas jadi Abu


Wartawan : 0 - Editor : Elsy Maisany - 2018-02-13 15:02:00 WIB    Dibaca : 41 kali

 


Gudang kertas yang berada di Jalan Pengendalian Banjir Kanal Kelurahan Pagangampalu, Kecamatan Lubukbegalung terbakar siang kemarin (12/2). Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta. Disinyalir api berasal dari pembakaran tumpukan sampah di sekitar gudang.

Cuaca panas yang melanda Kota Padang membuat api berkobar dengan hebat. Apalagi, gudang berisikan tumpukan barang bekas yang mudah terbakar, membuat api dengan cepat menyambar semua bagian ruangan.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril mengatakan, untuk memadamkan api, pihaknya mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran.

Pihaknya juga dibantu jajaran Polsek Lubeg dan masyarakat setempat. “Setidaknya sekitar dua jam api baru dapat dipadamkan. Karena cuaca yang panas serta isi gudang yang mudah terbakar membuat semua ruangan habis terbakar,” terangnya.

Menurut pemilik gudang, kata Basril, kejadian berawal saat salah seorang pekerja membakar tumpukan sampah di sekitar gudang. Namun karena kurang pengawasan, pembakaran sampah yang dilakukan merembes ke bangunan gudang.

“Pukul 13.30 korban telah melihat api membesar dan membakar isi dan seluruh bangunan gudang yang berisi kertas semen dan beragam barang bekas. Mendapat laporan adanya kebakaran, kita langsung menuju ke lokasi,” cetusnya.

Kapolsek Lubukbegalung, AKP Riko Fernando mengatakan, korban diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta. “Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada jika membakar sampah. Karena jika ditinggalkan begitu saja, dikhawatirkan hal yang sama akan terjadi,” ujarnya. (*)
© 2014 - 2018 Padek.co