Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 21:42:05 WIB
TERAS UTAMA

Peringkat Satu Sumbar

Oleh : Fauzi Bahar

Wali Kota padang

Padang Ekspres • Senin, 27/05/2013 11:37 WIB • 473 klik

Fauzi Bahar

Pada akhirnya berhasil juga kerja keras semua pihak. Terbayar juga capek dan jerih payah semua orang. Orang­­­tua, siswa, wali kelas, kepala sekolah, pe­ngawas, jaja­ran dinas pen­didikan, semua pihak tak dapat dise­butkan satu per satu, dan teristimewa ibu dan bapak guru tak pernah bosan, se­pan­jang hari me­nga­jar dan mendidik murid untuk ber­hasil lulus dalam ujian na­sional.

 

Saya mengetahui benar, ada be­berapa ibu dan bapak guru se­belum ujian nasional ber­lang­sung dalam keadaan sakit, te­tapi memaksakan diri hadir di sekolah demi mem­persiapkan anak-anaknya meng­ha­dapi ujian nasional. Dan, itu telah terbayar.

 

Padang memimpin di posisi puncak, atau peringkat satu tingkat kelulusan jenjang SMA se-Sumatera Barat. Kepada ibu dan bapak guru kami ucapkan terima kasih dan apresiasi se­ting­gi-tingginya.

 

Target lulus 100 persen se­suai estimasi saya memang belum tercapai. Tetapi, keber­hasilan meraih peringkat perta­ma dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar cukup menggem­bira­kan. Untuk kesekian kali Tuhan menunjukkan, di atas kerja keras dan niat mulia puncaknya keber­hasilan.

 

Raihan prestasi peringkat pertama ini pernah diraih sekitar enam tahun lalu. Dan, inilah hasil menggembirakan itu. Un­tuk rata-rata kelompok IPA, Padang meraih nilai total rata-rata 40,94 sementara nilai  rata-ra­ta provinsi 37,09. Untuk ke­lom­pok IPS nilai rata-rata 38,80, sedangkan nilai rata-rata pro­vinsi kelompok IPS 34,10. 

 

Keberhasilan ini bagi Pemko Padang adalah momentum paling penting menjadikan Padang sebagai kota pendidikan. Cara­nya, memberdayakan semua sumber daya, mengingat Padang tempat bernaungnya beberapa perguruan tinggi ternama. Be­liau-beliau itu sangat berman­faat bagi Padang untuk meman­tapkan Padang sebagai kota pendidikan.

 

Untuk itu, saya langsung memerintahkan jajaran Dinas Pendidikan Kota Padang segera merumuskan kembali langkah-langkah aksi nyata mewujudkan Padang sebagai kota pendidikan. Segera menyusun skala prioritas terukur sesuai kekuatan angga­ran, serta memanfaatkan segala peluang kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada.

 

Juga, beberapa kunjungan studi banding dan kerja sama dengan berbagai lembaga pendi­dikan luar negeri, seperti Malaysia, Jerman, dan beberapa nega­ra lainnya. Semua itu akan segera kita kaji ulang guna mencari hal-hal tepat, guna kita terapkan atau tingkatkan ke dalam kerja sama lebih riil serta tepat di sekolah-sekolah kita di Padang.

 

Artinya, perolehan pering­kat pertama ini benar-benar menja­di momentum besar bagi Pa­dang untuk bergerak jauh ke depan dengan segala perhi­tungan. Cita-cita kita mewujud­kan Padang menjadi kota pendi­dikan, tidak hanya bermanfaat bagi Padang sema­ta. Namun, ke depan dampak positifnya akan meluas ke berbagai wilayah di Sumbar mengingat Padang se­bagai ibu kota provinsi adalah tolok ukur berbagai kemajuan, termasuk bidang pendidikan.

 

Padang benar-benar akan fokus memajukan pemba­ngu­nan di bidang pendidikan, kare­na kita sepenuhnya me­nya­dari bahwa negara-negara maju di dunia hari ini, selalu saja memu­lainya dari ke­pe­dulian tinggi terhadap dunia pendidikan. Pendidikan ditata di atas kepe­dulian dan kebi­jakan tepat, pasti akan men­cetak SDM cerdas, ino­vatif, dan kreatif.

 

Kita tahu dan menyaksikan bahwa bagi manusia cerdas, inovatif, dan kreatif, tak ada satu pun baginya tidak terman­faat­kan dan berdayagunakan. Apa saja di lingkungan sekitarnya, bagi SDM yang cerdas dan krea­tif, semuanya akan dapat bergu­na untuk menopang kelang­sungan kehidupannya. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Teras Utama


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan artikel ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Selesaikan Pemilu, Jangan Terlena Koalisi

LUPAKAN sejenak hiruk pikuk isu koalisi partai politik. Proses pemilihan umum legislatif 2014 masih berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Rencananya, KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara pada 7 Mei 2014. Proses tersebut pun harus terus dikawal. Sebab, itulah yang nanti menjadi pijakan untuk proses berikutnya, yakni pengisian pejabat DPR dan pemilihan umum presiden (pilpres). Hasil penghitungan cepat memang bisa menjadi pedoman awal. Namun, bukan itu yang berlaku secara nasional.

Perbaiki Layanan RS Ahmad Muchtar

YTH bapak pimpinan Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi. Apa begitu pelayanannya, adik saya masuk rumah sakit pagi jam 9 dan pulang jam 4 sore tapi siangnya tidak dikasih makan. Padahal kami bayar cash. Tolong dijelaskan.

Senin, 21 April 2014

Jadilah Konsumen Cerdas

Parhatian bana kalau ka mambali-bali tuh. Jan sampai takicuah pulo........................................................!

 

Kadis dan Kabid DKP jadi Tersangka

Itulah Pak, jan buang sampah jo sambarangan.......................................!

 

Caleg Nasdem Dilaporkan Money Politic

 Lah ka salasai pemilu ko, banyak nan saliang malapor mah..........................!