Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 10:17:01 WIB
PRO SUMBAR

Akreditasi Tentukan Kelayakan Sekolah

Padang Ekspres • Jumat, 29/07/2011 15:42 WIB • (mg7) • 501 klik

Akrab:  Bupati Agam, Indra Catri (kiri) terlihat akrab bersama mantan bupati Ari

Agam, Padek—16 kecamatan di Kabupaten Agam akan dinilai akreditasinya oleh tim Dinas Pendidikan dan pengawas kecamatan. Dari 16 SD yang ada di Kecamatan Lubukbasung, SD 20 Batu Hampar termasuk yang akan dinilai akreditasinya. Kegiatan ini dimulai bertahap di setiap kecamatan, 18-30 Juli 2011.


Kepala SDN 20 Batu Hampar, Yerni mengatakan, tujuan akreditasi sekolah untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu pendidikan serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan yang terbaik.


Komponen sekolah yang dinilai dalam akreditasi terdiri kurikulum atau proses belajar mengajar, administrasi atau manajemen sekolah, organisasi atau kelembagaan sekolah, sarana dan prasarana, ketenagaan, pembiayaan, peserta didik atau siswa, peran serta masyarakat serta lingkungan maupun kultur sekolah.


Akreditasi sekolah, tambah Yerni bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.
Fungsi akreditasi sekolah di antaranya untuk pengetahuan. Yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan dan kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah.


Selain itu, untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat. Lanjutnya bertujuan untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.


Dari hasil akreditasi sekolah, dinyatakan dalam peringkat akreditasi sekolah dan peringkat akreditasi sekolah terdiri atas beberapa klasifikasi, yaitu A (Amat baik), B (Baik), C (Cukup), D (Kurang) dan E (Kurang Baik). Masa berlaku akreditasi selama empat tahun. Permohonan akreditasi ulang 6 bulan sebelum masa berlaku habis.


Akreditasi ulang untuk perbaikan diajukan sekurang-kurangnya dua tahun sejak ditetapkan. Adapun landasan dari penilaian akriditasi sekolah tercantum dalam PP No 19/ 2009 yang mencapai delapan standar sekolah atau komponen sekolah. (mg7)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!