Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 06:17:04 WIB
PRO SUMBAR

Akreditasi Tentukan Kelayakan Sekolah

Padang Ekspres • Jumat, 29/07/2011 15:42 WIB • (mg7) • 499 klik

Akrab:  Bupati Agam, Indra Catri (kiri) terlihat akrab bersama mantan bupati Ari

Agam, Padek—16 kecamatan di Kabupaten Agam akan dinilai akreditasinya oleh tim Dinas Pendidikan dan pengawas kecamatan. Dari 16 SD yang ada di Kecamatan Lubukbasung, SD 20 Batu Hampar termasuk yang akan dinilai akreditasinya. Kegiatan ini dimulai bertahap di setiap kecamatan, 18-30 Juli 2011.


Kepala SDN 20 Batu Hampar, Yerni mengatakan, tujuan akreditasi sekolah untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu pendidikan serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan yang terbaik.


Komponen sekolah yang dinilai dalam akreditasi terdiri kurikulum atau proses belajar mengajar, administrasi atau manajemen sekolah, organisasi atau kelembagaan sekolah, sarana dan prasarana, ketenagaan, pembiayaan, peserta didik atau siswa, peran serta masyarakat serta lingkungan maupun kultur sekolah.


Akreditasi sekolah, tambah Yerni bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.
Fungsi akreditasi sekolah di antaranya untuk pengetahuan. Yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan dan kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah.


Selain itu, untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat. Lanjutnya bertujuan untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.


Dari hasil akreditasi sekolah, dinyatakan dalam peringkat akreditasi sekolah dan peringkat akreditasi sekolah terdiri atas beberapa klasifikasi, yaitu A (Amat baik), B (Baik), C (Cukup), D (Kurang) dan E (Kurang Baik). Masa berlaku akreditasi selama empat tahun. Permohonan akreditasi ulang 6 bulan sebelum masa berlaku habis.


Akreditasi ulang untuk perbaikan diajukan sekurang-kurangnya dua tahun sejak ditetapkan. Adapun landasan dari penilaian akriditasi sekolah tercantum dalam PP No 19/ 2009 yang mencapai delapan standar sekolah atau komponen sekolah. (mg7)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!