Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 09:45:53 WIB
RAKYAT SUMBAR

Kelantan Telusuri Silek Lintau

Padang Ekspres • Kamis, 30/06/2011 12:39 WIB • mustafa akmal • 510 klik

Batusangkar, Padek—Guru besar Perguruan Silat Lintau Kelantan (Persilek) Malaysia, Kamal Syah menelusuri asal muasal silek Lintau, di Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanahdatar. Keinginan itu sudah sejak lama direncanakannya, namun baru Selasa (28/6) terealisasi.


”Kami sudah lama mempelajari silek Lintau di Kelantan. Alhamdulillah, saya akhirnya sampai juga di negeri asal Silek yang kami pelajari dan kagumi sejak lama,” kata Kamal kepada Padang Ekspres, kemarin (29/6).


Dalam napak tilasnya ke Tanahdatar, Kamal dipandu pengurus IPSI Tanahdatar, Mawardi, Tuo Silek Lintau Bustiar, budayawan dan pemerhati silek Minang Abdullah Puteh, pemerhati silek Lintau dan mantan atlet Tanahdatar Jhon Sutan Sati. Sebelumnya, dia diterima Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahdatar Alfian Jamrah


Kamal mengaku puas dalam kunjungannya tersebut. Soalnya, dia menemukan apa yang mereka cari dan dambakan sejak lama. ”Dan benar, apa yang kami pelajari dalam Silek Lintau di negeri kami (Kelantan), sama gerak dan langkah dengan silek Lintau,” katanya.


Untuk memantapkan studi itu, dia akan berdiskusi dengan pesilat Nagari Tapiselo, karena selama ini mereka hanya mengetahui Lintau dari mulut ke mulut saja. ”Dan, hari ini tujuan itu tercapai, dan saya akan menjaga nama baik Lintau dan melestarikan Silek Tuo ini di Malaysia,” sambungnya.


Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Alfian Jamrah menyambut baik kunjungan kerabat dari negeri Kelantan tersebut. ”Kita berharap dengan adanya kunjungan tersebut, tidak hanya akan mempererat tali silaturahmi, tapi juga akan lebih memperkaya budaya dan warisan leluhur kita dalam ilmu bela diri,” ungkap Alfian. (*)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!