Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 07:40:54 WIB
METROPOLIS

SDN 08 Alanglaweh Peraih Nilai Akhir Tertinggi

Menanamkan Kejujuran, Disiplin dan Percaya Diri

Padang Ekspres • Selasa, 21/06/2011 12:05 WIB • eka rianto • 590 klik

Lihat Hasil ujian: Pelajar SDN 08 Alanglaweh berebutan di depan kertas pengumuma

Pendidikan karakter butuh aksi konkret. Bicara soal pembentukan watak, SDN 08 Alanglaweh sudah maju selangkah. SDN 08 Alanglaweh adalah sekolah peraih ujian nasional (UN) tertinggi di Padang. Pola belajar mengutamakan kejujuran, percaya diri dan bermental kuat.


Siang kemarin (20/6), ratusan murid kelas VI SD Alanglaweh (SDN 01, 08, 18, 20, 36, dan 37) terlihat tidak sabar menunggu hasil UN. Menurut informasi, hasil UN diumumkan serentak oleh kepala sekolah di papan pengumuman sekolah masing-masing pada pukul 14.00. Begitu dipajang, puluhan murid berseragam merah putih langsung berdesakan menuju papan pengumuman.


”SDN 08 Alanglaweh LULUS 100 persen.”  Tulisan itu terpampang di papan pengumuman. Bahkan, peringkat pertama untuk nilai akhir (NA) dan dinobatkan sebagai peraih NA tertinggi di Padang. Melihat tulisan itu, para murid tidak lagi berdesakan melihat papan pengumuman.


Peraih NA tertinggi di Padang, rata-rata 27,23 dari tiga mata pelajaran. ”Alhamdulillah, kami mendapatkan prestasi yang baik pada tahun ini,” ujar Kepala SDN 08 Alanglawas, Yusnaida kepada Padang Ekspres kemarin.


Wanita yang telah memimpin sekolah itu selama lima tahun ini, menjelaskan, penerapan disiplin pada murid menjadi kunci utama meraih prestasi. Tidak hanya disiplin ke sekolah, tapi juga dalam belajar. Setiap hari, peserta didik diingatkan mendekatkan diri pada Allah dengan melakukan Shalat Subuh sebelum berangkat ke sekolah. Kontrol pelaksanaan shalat dilakukan setiap pagi di kelas.


Sebelum pelajaran dimulai, guru kelas mencek apa murid tersebut Shalat Subuh dengan melihat buku yang diparaf orangtua. ”Shalat akan menciptakan murid yang jujur, dengan begitu murid akan percaya diri dengan kemampuan sendiri,” imbuhnya.


Bagi murid yang lambat menerima pelajaran, dberikan perhatian khusus di luar jam pelajaran wajib.
Keterlibatan orangtua dalam pendidikan juga dibutuhkan. Yusnaida menambahkan, setiap tahun ajaran baru, setiap kelas wajib mengadakan pertemuan dengan orangtua murid. Yusnaida selalu berpesan agar orangtua menjaga sikap di depan anak.


”Contohnya, jika orangtua bertengkar, jangan bertengkar di depan anak-anak karena psikologis mereka akan terganggu. Saya tidak segan-segan menasihati orantua murid agar menjaga sikap di depan anak,” jelasnya.


Berada di peringkat pertama NA sungguh membanggakan bagi Yusnaida. Tapi, baginya, lebih membanggakan lagi bila hasil yang diraih, didapat dari keringat sendiri. Bukan dari menyontek, tidak jujur serta sikap terima senang saja. (***)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!