Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 02:33:31 WIB
RAKYAT SUMBAR

Adipura Kelima Beruntun

Satu-satunya Kota Terbersih

Padang Ekspres • Rabu, 08/06/2011 14:06 WIB • (rzy) • 547 klik

ADIPURA KELIMA: Wali Kota Solok, Irzal Ilyas merima Piala Adipura dari Presiden

Kota Solok kembali mempertahankan piala Adipura tahun ini. Raihan tahun ini merupakan kali kelima secara berturut-turut Kota Solok meraih prediket sebagai kota terbersih.


Apalagi tahun ini, Kota Solok menyelamatkan muka Sumbar sebagai satu-satunya kota yang meraih Adipura. Memang ada Kota Pariaman yang juga meraihnya, namun Kota Pariaman hanya meraih piagam Adipura, bukan piala.


Gelar Adipura Kencana memang gagal diraih karena perbedaan regulasi tahun ini. Sebelumnya, kota yang mendapat piala Adipura lima kali berturut-turut akan langsung diganjar Piala Adipura Kencana.


Tapi sistem tersebut berubah tahun ini yaitu piala Adipura Kencana diraih daerah yang berhasil memenuhi 80 poin penilaian dari pusat. Ini juga teristimewa karena dalam penilaian Adipura tahun ini, tim penilai juga melibatkan berbagai elemen seperti LSM dan juga melakukan penilaian langsung hingga ke tingkat masyarakat. Kriteria dan syaratnya juga diperketat.


Wali Kota Solok Irzal Ilyas yang menjemput langsung piala kebanggaan warga Kota Solok lima tahun terakhir ini menyatakan sangat bersyukur. Meski tidak bisa memendam kekecewaan tidak bisa meraih piala Adipura Kencana, hasil kali ini merupakan buah kerja keras seluruh elemen.
Terutama para pahlawan kebersihan di Kota Solok. Ia pun menyatakan tahun depan optimistis mampu mempertahankan piala dan meraih Adipura Kencana.


“Gagal meraih Adipura Kencana memang sedikit membuat kita kecewa. Sebelumnya kita sangat optimistis Adipura kencana bisa kita raih. Namun yang menilai kita tentu bukan kita, tapi orang lain. Gagal di Adipura Kencana, berarti kita harus lebih meningkatkan sistem dan kerja keras kita untuk menciptakan kota yang bersih, sehat dan nyaman. Tapi, raihan piala Adipura saat ini tetap membuat kita sangat bangga. Apalagi kita menjadi satu-satunya daerah yang meraih piala ini di Sumbar. Ditambah lagi, kriteria dan sistem penilaian semakin diperketat,” ujarnya.


Bagi Irzal Ilyas, piala Adipura kali ini sangat spesial, pasalnya ini adalah kali pertama dirinya mendapatkan piala Adipura saat menjabat walikota. Meski begitu, raihan empat kali beruntun juga tidak terlepas dari perannya. Karena saat itu, dirinya adalah wakil walikota. Ia mengungkapkan raihan kali ini sudah maksimal dan Pemko Solok juga telah melakukan berbagai persiapan untuk menggenjot berbagai sarana dan prasarana kebersihan di Kota Beras.


Hal itu ditekankan pada pengelolaan dan pengolahan sampah yang semakin baik. Selain itu, sistem pengelolaan kebersihan di Kota Solok telah terbukti mampu mengatasi masalah kebersihan selama ini.


“Kita memiliki sistem pengelolaan kebersihan yang sangat baik di daerah ini. Hal itu terus kita pertahankan dan terus kita tingkatkan mekanismenya. Tahun depan, kita optimistis adipura kencana akan mampu kita raih,” ujarnya. (*)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!