Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 02:59:30 WIB
XPRESI

Kos-kosan Aman dan Nyaman

Padang Ekspres • Jumat, 25/10/2013 12:07 WIB • Deva • 1161 klik

Kos-kosan Aman dan Nyaman

Menjadi pelajar perantau, mau nggak mau harus bisa hidup mandiri jauh dari orangtua. Hal yang paling mendasar menand­a­kan pelajar maupun mahasiswa pe­rantau jelas bakalan ngekos atau ting­gal di asrama. Masalahnya, ting­gal di asrama tentu tidak terlalu menjadi beban pikiran bagi sobeX. Sebab, gedung dan segala urusan nginap-penginapan sudah diatur. sobeX tinggal membawa barang, beres deh. Nggak sama dengan ngekost. Jadi ribet de­mi men­dapatkan tempat kos yang aman, nyaman, tentunya yang murah kan sobeX.

 

Hal inilah yang menbuat pelajar  tunggak-tunggik men­ca­ri bahkan harus berpindah-pin­dah kos untuk mendapatkan kamar kos yang sesuai selera. Mendapatkan tem­pat kos yang aman, nyaman, dan murah itu bisa dikatakan un­tung-untungan. Tidak se­mua tempat kos di sekitar kam­pus atau sekolah sobeX memiliki fa­silitas dan lingkungan yang sama. Se­lalu ada kelebihan dan kekura­ngan­nya. Contohnya nih, ada tem­pat kos yang bersih karena bangu­nannya baru, terus lingkungannya rame sayangnya jauh dari kampus sobeX. Terus, ada juga yang  dekat tapi kebersihan dapur dan kamar mandinya nggak banget. Makanya jadi calon anak kos terlebih dahulu harus jeli mencari tempat kos yang nyaman terutama soal kebersihan tempat kos sobeX.

 

Meskipun Indah Amallyah orang Padang, namun ia lebih me­milih untuk ngekos dekat kam­pus sobeX. Karena lokasi kam­pus dengan rumah­nya lumayan jauh. Ce­wek yang kabarnya m­a­sih mahasiswa baru di UNP ini menga­ta­kan tempat kos yang harus di­in­car itu ya tem­pat kos yang aman dan bersih. “ Me­nurut aku, setidak-tidaknya kita da­pat tempat kos yang nyaman dan be­bas dari kemalingan. Ka­lau dapat, kita mencari kelebihan tem­p­at kos yang lebih spesifik mi­sal­­nya dari segi luas bangu­nannya, be­rapa orang yang ditampung da­lam satu kamar. Jangan sampai, ba­­ngunannya bagus tapi peng­hu­ni­nya sesak. Terus, keber­sihan ka­mar mandi dan dapur. Kalau d­a­pat ya air mengalir terus. Terak­hir, dari se­gi keamanan di lingkungan seki­tar kos terjaga dari kemalingan. Al­hamudulillah nih sobeX, aku dapat tempat kos yang nyaman banget. Udah dua bulan lebih aku nginap. Dekat tempat kos aku ada mus­hala, jadi kita bisa mengerjakan shalat berjamaah sobeX terus warga di sekitar tem­pat kos juga baik-baik. Sekali sebulan ada goro bersama war­ga. Jadi, kesan­nya kita udah men­jadi bagian warga di sekitar sana. Kalau dapat tempat kos yang be­gini kayanya nggak ada niat deh buat pindah kos,” aku cewek yang tinggal di Pampangan ini.

 

Udah dapat tempat kos sesuai ke­inginan. Rasanya nggak mau lagi pindah-pindah kos. Seper­ti dialami Rara mahasiswi STIE Dharma Andalas yang ngekos di Ratulangi ini. “Semenjak aku SMA sampai kuliah kos aku tetap di sini juga kok sobeX. Nggak ada niat buat pin­dah-pindah kos. Al­ham­dulillah selama lima tahun aku di sini aman-aman aja. Lokasinya nggak sepi karena ditepi jalan besar. Dulu waktu aku perta­ma ke sini, fasili­tasnya cukup leng­kap ada TV dan kulkas, seka­rang nggak ada lagi  karena ibu kos aku udah pindah ke Jambi. Jadi, barang-barang di rumah kos itu juga udah dibawa. Aku bertahan di sini ya karena itu aja kok sobeX, nyaman, aman, dan murah,” tutur cewek asli Pasaman Barat ini.

 

Hal senada juga dikatakan Khairul Anwar. Ia mengaku juga tidak pernah pindah-pindah kos selama kuliah. “Dari waktu aku sekolah sampai kuliah saat ini tetap bertahan di tempat kos sekarang. Nggak pindah-pindah karena aku udah punya teman kos yang se­suai­lah pemikirannya sama aku sobeX. Dapat teman yang sama-sama satu tu­juan, dari sekolah SMP sam­pai kuliah sekarang ini. Di samping tempatnya nya­man, pemilik kosnya juga baik dan asyik. Menurut aku nih ya, orang yang sering pindah-pindah kos itu karena bermasalah di tem­pat kosnya misalnya nggak bayar-ba­yar urang kos, ada konflik dengan te­man sekamar dan se­bagai­nya,” ujar mahasiswa Uni­veristas Mu­hammadiyah Sumbar, Bukit­tinggi.

 

Bagi yang sudah dapat tempat kos yang nya­man, bebas ma­ling, mu­rah, dan te­man se­ka­mar yang se­suai  ng­gak per­lu lagi kan pin­dah-pindah kos? Yang pen­­­ting, sesama anak kos harus bisa saling men­jaga hu­bungan yang baik, b­e­gitu juga de­ngan pe­milik kos. (deva)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!