Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 17:22:40 WIB
PRO SUMBAR

CPNS Pemprov Dibatasi 8 Ribu Pelamar

Besok Diumumkan, Pendaftaran Mulai 14 September

Padang Ekspres • Rabu, 11/09/2013 10:37 WIB • Redaksi • 15170 klik

CPNS

Padang, Padek—Kabar gembira bagi yang berminat menjadi abdi negara di Sumbar. Besok (12/9), Pemprov Sumbar bersama lima daerah lain­nya mengumumkan for­ma­si calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 di media massa. Bagi yang berminat, segera men­daftarkan diri mengingat jum­lah pendaftar dibatasi ha­nya 8 ribu orang. Pendaftaran berlangsung tanggal 14-26 September mendatang.

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Sum­bar, Jayadisman kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin (10/9), menyebutkan, pembatasan jumlah pelamar itu akibat APBD Sumbar 2013 hanya mengganggarkan untuk 8 ribu pelamar.

 

“Terlebih lagi, penambahan jumlah peserta harus diikuti juga penambahan tenaga pengawas dan pemeriksaan kelengkapan ber­kas. Itu semua jelas mem­bu­tuhkan biaya,” sebut Jaya­dis­man. Makanya, masya­rakat ber­minat diminta segera men­daf­tarkan diri ke situs www.bkn.co.id dan me­ngirim­kan berkas pendaftaran ke no­mor PO BOX sudah ditetapkan.

 

BKD Sumbar sudah me­nyiap­kan sejumlah PO BOX un­tuk  calon pelamar CPNS. Ini un­tuk memudahkan penge­cekan ber­kas calon pelamar.  “Tak ha­nya nomor PO BOX yang dibe­da­­kan, map kelengkapan berkas juga dibedakan. Ini untuk mem­per­­mudah kerja tim pemeriksa ber­­kas administrasi saja. Kalau tak dibedakan, tentu akan me­nyu­litkan. Sementara berkas yang akan diperiksa itu 8 ribu ber­kas,” ujarnya.

 

Walaupun Pemprov mem­batasi jumlah pelamar, namun Ja­­yadisman yakin tidak akan me­­rugikan masyarakat. “Pe­nga­laman sebelumnya, hanya 5 ribu orang mendaftarkan diri. Ja­di kalau sekarang 8 ribu pelamar, berarti ada penambahan kuota 3 ribu orang,” ucapnya.

 

Pengumuman formasi CPNS Pemprov Sumbar ini di­ikuti lima kabupaten/kota lain­nya. Daerah itu Solok Sela­tan, Pa­saman, Padang­panjang, Sa­wah­lunto dan Dharmasraya. Se­dangkan Kabu­paten Kepu­lauan Mentawai su­dah terlebih dahulu mengu­mum­kan pendaftaran CPNS.

 

“Dari enam kota dan kabu­paten itu, hanya Dharmasraya belum mendapatkan kepastian pe­netapan rincian formasi CPNS-nya,” ucapnya.

 

Untuk 2013 ini, Pemprov dan enam kabupaten/kota me­ne­rima CPNS dari pelamar umum dan tenaga honorer. Pem­­prov membuka 193 formasi, Ke­pulauan Mentawai 141 for­masi, Solsel 100 formasi, Pa­dang­panjang 50 formasi, Pa­saman 40 formasi, Sa­wahlunto 50 formasi, dan Dharmasraya 50 formasi.

 

Khusus Pemprov, rincian formasi yang disetujui Kemen PAN-RB adalah tenaga guru 74 orang, tenaga kesehatan 80 orang, dan tenaga teknis 39 orang. Te­naga guru ditempatkan Pem­prov di SMK Pertanian Pemb­a­ngunan, SLB, SMKN 1 Sumbar, dan SMA unggul di Padang­panjang.

 

“Untuk tes CPNS , Pemprov Sumbar hanya menerapkan tes sa­tu kali, yakni tes kemampuan da­sar (TKD). Sedangkan tes wa­wancara tak dilakukan. Tes CPNS dilakukan dengan meng­gu­nakan sistem computer assisted test (CAT),” ujarnya.

 

Disinggung bagaimana pe­nga­wasan panitia terhadap ke­mungkinan adanya ijazah pal­su, Jayadisman mengatakan, pa­nitia sudah menyiapkan an­tisipasi, yakni meminta foto­copy ijazah yang telah dilega­lisir langsung oleh bagian akademik universitas.

 

Jika di kemudian hari, dike­tahui ada pelamar meng­guna­kan ijazah palsu lulus tes CPNS, maka yang bersangkutan akan dicabut hak­nya sebagai PNS. “Itu sank­si­nya, jika para pelamar me­ngakali dengan memberikan keterangan atau identitas tidak benar. Kita minta agar pelamar memberikan keterangan diri sejujur-jujurnya saat proses pendaftaran dila­kukan,” ucap­nya. (ayu)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!