Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 14:06:54 WIB
RAKYAT SUMBAR

Angkasa Pura Perkuat Mitigasi di BIM

Padang Ekspres • Jumat, 05/07/2013 13:23 WIB • Redaksi • 377 klik

Padangpariaman, Padek—Sejumlah instansi vital pe­merintah kian intensif me­mantapkan kemampuan miti­gasi (pengurangan risiko). Ke­ma­rin, giliran personel di Ban­dara International Mi­nang­kabau (BIM) menggelar lati­han tanggap darurat bencana.         

 

Setelah bekerja keras seki­tar dua jam, ratusan personel tanggap darurat berhasil me­madamkan api yang menjilat duplikat pesawat Bagonjong Air di BIM, Kamis (4/7).

 

Aktivitas operasional pe­nerbangan tetap berjalan normal saat digelar simulasi pe­nanggulangan bencana yang di­gelar PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Padang ini. Simulasi ini adalah standar operasional prosedural (SOP) yang wajib dilaksanakan minimal sekali dua tahun di setiap bandara internasional di tanah air.

 

“Setiap bandara interna­sio­nal wajib memiliki sumber daya manusia (SDM), mana­jemen serta fasilitas yang se­mua­nya harus sesuai SOP, ter­masuk sistem penanganan daruratnya. Apalagi kebe­ra­da­an BIM, sangat sentral untuk menunjang pertumbuhan eko­nomi di Sumbar,” ujar Direk­tur SDM PT AP II, RP Hari Cahyono kepada wartawan usai simulasi di BIM, kemarin.

 

Kegiatan yang mengangkat tema PKD Singgalang Sakti Air­port Emergency Exercise terse­but, tak hanya melibatkan pulu­han personel dari PKD PT AP II Cabang Padang. Namun, juga melibatkan jajaran kepo­lisian, TNI, Basarnas Sumbar, BPBD Sumbar, Dinas Kese­ha­tan, Di­nas Perhubungan Sum­bar dan pihak maskapai pener­bangan.

 

Kepala PT AP II Cabang Padang, Rian Hadhito men­jelaskan, simulasi PKD ini juga bertujuan untuk mengga­gal­kan berbagai aksi kriminalitas lainnya di bandara. “BIM salah pintu gerbang utama masuk ke Sumbar,” tegasnya.

 

Tak hanya itu, PT AP II juga peduli terhadap lingkungan melalui berbagai program corporate social responsibility (CSR). Di hari yang sama, PT AP II Cabang Padang mem­berikan 3.000 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di Nagari Ketaping, Batang Anai dan Kototangah.

 

Di tempat yang sama, Gu­ber­nur Sumbar Irwan Prayitno meminta semua pihak ber­partisipasi menciptakan kea­manan dan kenyamanan di BIM. “Masyarakat mesti aktif menjaga aset Sumbar ini. Dari sinilah, pintu masuk wisata­wan dan investor yang akan menanamkan modalnya di Sumbar,” jelasnya. (zul)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Selesaikan Pemilu, Jangan Terlena Koalisi

LUPAKAN sejenak hiruk pikuk isu koalisi partai politik. Proses pemilihan umum legislatif 2014 masih berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Rencananya, KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara pada 7 Mei 2014. Proses tersebut pun harus terus dikawal. Sebab, itulah yang nanti menjadi pijakan untuk proses berikutnya, yakni pengisian pejabat DPR dan pemilihan umum presiden (pilpres). Hasil penghitungan cepat memang bisa menjadi pedoman awal. Namun, bukan itu yang berlaku secara nasional.

Perbaiki Layanan RS Ahmad Muchtar

YTH bapak pimpinan Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi. Apa begitu pelayanannya, adik saya masuk rumah sakit pagi jam 9 dan pulang jam 4 sore tapi siangnya tidak dikasih makan. Padahal kami bayar cash. Tolong dijelaskan.

Senin, 21 April 2014

Jadilah Konsumen Cerdas

Parhatian bana kalau ka mambali-bali tuh. Jan sampai takicuah pulo........................................................!

 

Kadis dan Kabid DKP jadi Tersangka

Itulah Pak, jan buang sampah jo sambarangan.......................................!

 

Caleg Nasdem Dilaporkan Money Politic

 Lah ka salasai pemilu ko, banyak nan saliang malapor mah..........................!