Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 10:17:47 WIB
RAKYAT SUMBAR

Pantai Carocok Dibenahi

Padang Ekspres • Senin, 10/06/2013 14:02 WIB • Redaksi • 663 klik

Painan, Padek—Tingginya animo masyarakat luar daerah untuk berwisata  ke Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sejak beberapa tahun terakhir, harus disikapi dengan peningkatan sarana dan prasarana penun­jang. Upaya itu dilakukan agar terciptanya rasa aman bagi masyarakat pengunjung sela­ma berada di Pessel.

 

Bupati Pessel, Nasrul Abit mengatakan, saat ini Pessel sudah menjadi salah satu da­erah kunjungan wisata masya­rakat luar Sumbar.

 

“Tingginya tingkat kunju­ngan ke beberapa objek wisata terutama pantai Carocok Pai­nan, harus disikapi dengan pe­nyediaan sarana dan prasa­ra­na yang lengkap. Upaya ini ber­tujuan agar pengunjung me­rasa nyaman selama berada di Pessel, terutama sekali pada objek wisata yang disinggahi,” ujarnya.

 

Dikatakannya, penim­bu­nan atau reklamasi pantai Cro­cok Painan seluas 3 hektare yang saat ini tengah dikerjakan, bertujuan menjawab keter­batasan ketersedian lahan un­tuk penempatan pemba­ngunan sarana dan prasarana penun­jang pariwisata. Sebab pada lahan seluas itu, daerah beren­cana membangun berbagai fasilitas penunjang di bidang kepariwisataan.

 

“Di atas lahan itu nanti pemkab akan membangun ta­man bermain, parkiran, perho­telan dan lainnya. Sarana itu bisa dibangun, karena lahan seluas 3 hektare itu terbebas dari kepemilikan masyarakat,” jelasnya.

 

Bila dilihat dari perkem­bangan yang terjadi saat ini, terutama dalam hal kunjungan. Dia menilai penambahan luas kawasan yang terbebas dari kepemilikan masyarakat perlu dilakukan penambahan. Kare­na dihukum keterbatasan ke­mam­puan keuangan daerah, penambahan kawasan melalui reklamasi atau penimbunan laut itu hanya bisa dilakukan secara bertahap.

 

Harus Profesional

 

Kata Nasrul Abit, ke depan, pengelolaan kawasan wisata Carocok Painan itu akan dila­kukan secara profesional. Ka­laupun pengelelolaanya mel­alui pihak ke tiga, tapi harus jelas protap dan standar pela­ya­nan­nya. Semua itu bertujuan agar tidak merugikan bagi daerah maupun masyarakat.

 

“Saya tidak menginginkan wisatawan yang datang ke Pes­sel kecewa, baik akibat perilaku wisata yang tidak bagus, mau­pun karena merasa dirugikan akibat mengeluarkan biaya yang tidak jelas. Termasuk juga karena tidak tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuh­kan. Semua itu akan dibenahi secara bertahap, termasuk juga pembenahaan dalam hal pe­nge­lolaan,” tegasnya. (yon) 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!