Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 17:21:19 WIB
BERITA DAERAH

Kota Bukittinggi

Calon Anggota KPU Disanggah

Tim Seleksi Dianggap Langgar Aturan

Padang Ekspres • Berita Politik • Kamis, 06/06/2013 11:50 WIB • Nasrul Tanjung • 516 klik

Bukittinggi, Padek—Struk­tur kepengurusan Komisi Pe­milihan Umum (KPU) yang telah bekerja selama 5 tahun sejak 2008 silam, akan segera berakhir masa jabatannya. Pergantian struktur di lem­baga itu pun semakin dekat, sementara keputusan final oleh KPU Provinsi Sumatera Barat baru akan ditetapkan pada Kamis (6/6) besok.

 

Cuma saja, pergantian struk­tur di Lembaga KPU Bukittinggi itu masih diwarnai sa­nggahan dari 4 orang ang­gota KPU Bukittinggi, masing masingnya Dewi Afhrodita, Masdiwar, Afrizal , John Prima Yudha, yang juga mengikuti seleksi hingga tahap 20 besar.

 

Namun, pada tahapan se­lan­jutnya, semua mantan ang­gota KPU periode 2008-2013 tersebut telah dinyatakan gu­gur oleh Tim Seleksi calon anggota KPU Bukittinggi, pada penentuan 10 besar terakhir, sebelum diputuskan menjadi 5 orang pada finalnya nanti.

 

Keempat orang mantan anggota KPU Bukittinggi itu, mengganggap ada beberapa hal yang telah dilanggar oleh Tim Seleksi anggota KPU Kota Bukittinggi, dan menganggap mereka Tim Seleksi KPU Kota Bukittinggi tidak dapat melak­sanakan tugasnya sebagai­ma­na mestinya.

 

Untuk itu, mereka memin­ta KPU Provinsi dengan super­visi oleh KPU untuk mengam­bil alih tugas seleksi ini, sesuai dengan Peraturan Komisi Pe­milihan Umum nomor 2 tahun 2013 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaran Pemilu.

 

Menyikapi sanggahan ter­sebut, Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, yang dihubungi wartawan, ke­marin, di jeda seleksi akhir ca­lon Anggota KPU Kota Paya­kumbuh, yang dilaksanakan di Grand Rocky Hotel Bukit­tinggi, pun belum bisa menge­mukakan jawabannya.

 

Cuma saja, apapun nantinya hasil keputusan KPU Provinsi, terhadap sanggahan yang telah dikirimkan ke KPU Sumbar, oleh 4 orang Anggota KPU Kota Bukittinggi, yakni pada tanggal 13 Mei 2013 dan 26 Mei 2013, sekaitan dengan adanya permohonan kebera­tan atas hasil seleksi calon anggota KPU Kota Bukittinggi, dan permohonan pembatalan keputusan Tim seleksi calon anggota KPU Bukittinggi, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

 

Tetapi yang jelas, saat ini KPU Provinsi masih memiliki banyak pekerjaan rumah sejak dilantik pada bulan Mei lalu, terutama merampungkan se­leksi akhir calon anggota Ko­misi Pemilihan Umum untuk Kabupaten dan Kota yang belum tuntas sebutnya.

 

Menurut Amnasmen, se­baik­nya ditunggu saja keputu­sannya pada paripurna hasil akhir pada Kamis 6 Juni ini. Na­mun terhadap sanggahan yang masuk, Amnasmen juga mengatakan pihak KPU Pro­vinsi menanggapi serta mem­bahas dan menindaklanjuti persoalan ini, bahkan sampai ke KPU Pusat. “Apapun kepu­tusannya nanti, akan kami umumkan ke publik,” sebut Amnasmen.

 

Ketua Tim seleksi calon anggota KPU Kota Bukittinggi, Persalide, menyebutkan, bah­wa pihaknya telah bekerja sesuai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan seperti yang termaktub dalam perun­dang-undangan. Meski begitu, Ia pun memaklumi kalau ada beberapa pihak yang merasa tidak puas dan merasa diru­gi­kan atas seleksi yang telah dilaksanakan itu.

 

”Kami telah berupaya be­kerja maksimal apapun kepu­tu­san nantinya, kami juga siap megikuti ketentuan yang ber­la­ku. Karena sekarang kami su­dah melimpahkan sepenuh­nya ke KPU Provinsi Sumatera Ba­rat. Jadi semuanya tergan­tung pada keputusan final di Komisi Pemilihan Umum Pro­vinsi Sumatera Barat,” jelasnya. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!