Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 13:13:09 WIB
BERITA DAERAH

Kota Payakumbuh

Nilai UN masih Meragukan

Payakumbuh Ranking 4, 50 Kota Ranking 8

Padang Ekspres • Berita Pemerintahan • Sabtu, 25/05/2013 12:52 WIB • Fajar Rillah Vesky • 1668 klik

Payakumbuh, Padek— Ken­dati pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, MA dan SMK tahun pelajaran 2012/2013 di Kota Payakumbuh dan Kabu­paten Limapuluh Kota pada April lalu sempat kacau, gara-gara banyaknya sekolah yang kekurangan naskah ujian, tapi hal itu tidak berpengaruh ter­hadap hasil ujian.

 

Buktinya, saat hasil UN Na­sional (UN) tingkat SMA, SMK dan MA tahun pelajaran 2012/2013 diumumkan secara se­rentak, Jumat (24/5) kemarin, Kota Payakumbuh berhasil me­raih peringkat 4 tingkat Sumbar. Sedangkan Kabupaten Lima­puluh Kota berada pada per­i­ngkat 8.

 

“Kami sudah menerima ha­sil UN SMA, MA dan SMK tahun pelajaran 2012/2013. Alham­dulillah, Payakumbuh berada pada peringkat 4 tingkat Sumbar atau naik dua digit dari tahun lalu yang masih berada pada peringkat 6,” kata Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Ha­san Basri.

 

Hasan menjelaskan UN ting­­kat SMA, SMK dan MA tahun pelajaran 2012/2013, diikuti oleh 3.347 pelajar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.341 orang, sudah dipastikan lulus. Sedangkan sisanya, 18 orang, masih dalam proses konfirmasi.

 

“Dalam hasil UN yang kami terima, 18 siswa ini, tidak lulus UN. Tapi setelah kami cek, nilai Ujian Sekolah mereka, ternyata belum masuk dalam data Pus­kom. Sehingga besar kemung­kinan, 18 siswa ini juga akan lulus UN, seperti teman-teman mereka,” kata Hasan Basri.

 

Hasan sendiri, mengaku cukup puas dengan hasil UN tingkat SMA, SMK dan MA pada tahun ini. “Kita cukup puas, apalagi setelah dihitung, nilai rata-rata UN tahun ini, cukup bagus. Yakni, 7,20. Ini tentu suatu hal yang cukup memuas­kan,” kata Hasan.

 

Ungkapan puas atas hasil UN tingkat SMA, MA dan SMK juga disampaikan Radimas, Kepala Bidang Pendidikan SMP­/SMA pada Dinas Kabupaten Limapuluh Kota yang dihubungi Padang Ekspres, Jumat sore.

 

Menurut Radimas, dalam ujian nasional tahun lalu, Kabu­paten Limapuluh Kota baru berada pada peringkat 12 di tingkat Sumbar. “Tapi tahun ini, alhamdulillah, sudah naik ke peringkat 8. Kita tentu ber­syukur dengan hal ini,” kata Radimas.

 

Sebelumnya, Radimas me­ngatakan, UN tingkat SMA, MA dan SMK tahun Pelajaran 2012/2013 di Kabupaten Limapuluh Kota, diikuti 2.669 pelajar. 

 

Sebanyak 1.967 orang me­rupakan pelajar program IPA, IPA dan  bahasa  dari SMA 1 Suliki, SMAN 1 Lareh Sago Halaban, SMAN 1 Situjuah Limo Nagari, SMAN 1 Pangkalan, SMAN 1 Akibuluru, SMAN 1 Guguak, SMAN 1 Kapur IX, SMAN 1 Kec Payakumbuh, serta SPP Negeri Padangmengatas.

 

Sedangkan, 216 lainnya, merupakan santri  MAN 1 Pa­dangjopang, Ponpes Al-Manar Batuhampar, Ponpes Darul Funun Padang Jopang, Ponpes Adimin Ar-Radji Taram, MAS Tigo Batua, MAS Yapiguna Gu­guak, MAS Lareh Sago Halaban, MAS As’Adiyah Batu Nan Limo, MTI Tabekgadang dan Ponpes Al-Makmur Tungkar.

 

Sementara, sebanyak 486 peserta UN tahun ini,  meru­pakan pelajar SMKN 1 Pang­kalan, SMKN 1 Guguak, SMKN 1 Luak, dan SMKN Uswatun Hasanah Simalanggang.

 

Dari 2.669 pelajar SMA, MA dan SMK yang mengikuti UN tersebut, sebanyak 2.667 orang, sudah dipastikan lulus. Se­dangkan 2 orang lainnya yang diketahui merupakan pelajara SMAN 1 Guguak dan SMAN 1 Situjuah Limo Nagari, masih dalam proses konfirmasi.

 

Sementara itu, pengu­mu­man hasil UN Jumat sore, masih diwarnai dengan aksi coret-coret seragam sekolah oleh ribuan pelajar, juga meng­gelar konvoi kendaraan. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Menunda Akuisisi BTN

MASIH teringat dari layar TV, wajah Budi Gunadi Sadikin semringah sepekan lalu. Kegembiraan bos Bank Mandiri yang baru berumur 40 tahun itu disebabkan terwujudnya impian yang dia idam-idamkan sejak lama. Yakni, mem­bawa bank yang dipimpinnya menjadi salah satu bank yang patut diperhitungkan di kancah ASEAN.

Butuh Listrik

Yth. Bapak kepala PLN...Kapan kampung kami (Kabupaten Pessel, Kecamatan Sutera Kenagarian Koto Nan 3 Selatan) akan dialiri listrik, padahal kampung kami bukan kampung terpencil..kami sekampung sangat berharap perhatian dan tindak lanjut dari bapak. Atas perhtian Bapak kami skmpg mengucapkan terima kasih. Wassalam.

Jumat ,25 April 2014

Perempuan Berpeluang Pimpin DPRD

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai.............................!

 

Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Jan sampai ndak panen lo Pak, ka kida suok beko...............................!

 

Korban Gigitan Musang Meninggal

Inalilallahi, awak ikuik baduka pak.................................................!