Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 16:50:37 WIB
RAKYAT SUMBAR

Evaluasi Kinerja

Padang Ekspres • Rabu, 22/05/2013 12:42 WIB • Redaksi • 435 klik

Pasaman, Padek—Pemkab Pasaman kembali melakukan penilaian evaluasi ki­nerja mandiri penyelenggaraan pemerintah tahun 2012 untuk mengetahui keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dari waktu ke waktu.

 

Kabag Administrasi dan Pemerintahan Umum Setdakab Pasaman, Alim Bazar mengungkapkan kegiatan tersebut diarah­kan guna perbaikan kinerja pemerintah daerah secara umum dan kinerja SKPD secara khususnya.

 

Penilaian evaluasi kinerja ini telah di­laksanakan secara perdana pada tahun 2012 lalu, selanjutnya kegiatan ini direnca­nakan akan terus dilaksanakan secara kontinu dan berkesinambungan setiap tahunnya.

 

Dia menjelaskan, kegiatan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah ini dilakukan berdasarkan undang-undang Nomor 6 tahun 2008 tentang pedoman evaluasi penyelenggaraan Peme­rintahan Daerah dan Permendagri Nomor 73 Tahun 2009 tentang tata cara pelak­sanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

 

“Untuk itu, pemerintah daerah berke­wajiban melakukan evaluasi kinerja peme­rintah daerah secara mandiri untuk menge­tahui keberhasilan dalam penyel­eng­garaan pemerintah daerah,” sebutnya.

 

Sementara tujuan dari evaluasi tersebut, untuk memperoleh pengumpulan data capaian kinerja pada tataran pengambil kebijakan dan pelaksana kebijakan secara objektif, akurat dan akuntabel dari seluruh SKPD. Sehingga tergambar capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah Kabu­paten Pasaman.

 

Penilaian itu nantinya difokuskan pada penilaian secara sistematis terhadap kinerja masing-masing SKPD dengan meng­guna­kan sistem pengukuran kinerja. Untuk melakukan pengukuran kinerja tersebut perlu terlebih dahulu dilakukan proses pengumpulan dan analisis data terhadap ki­nerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

 

Adapun sumber informasi yang digu­nakan dalam penilaian kinerja SKPD seperti LPPD tahun 2012, LAKIP tahun 2012, laporan pertanggung jawaban APBD tahun 2012, hasil pemerikasaan inspektorat tahun 2012, laporan kepegawaian tahun 2012, inovasi/prestasi tahun 2012 dan laporan realisasi fisik dan kegiatan tahun 2012 serta laporan hasil penilaian kedisiplinan dan ketaatan terhadap peraturan tahun 2012.

 

Hasil dari evaluasi tersebut, nantinya diperoleh gambaran kinerja penye­lengga­raan pemerintah daerah secara umum yang akan dijadikan bahan evaluasi dalam upaya peningkatan kinerja.

 

“Tahun lalu Dinas Kesehatan berhasil meraih peringkat pertama dalam penilaian kinerja mandiri penyelenggaraan Peme­rintah Daerah Kabupaten Pasaman Tahun 2012,” kata Alim Bazar.

 

Dengan adanya penilaian kinerja terse­but, diharapkan setiap SKPD terus berupaya meningkatkan kinerjanya masing-masing agar tercapai optimalisasi kerja di instan­sinya masing-masing. (eri)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!