Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 05:08:04 WIB
METROPOLIS

Baru 2.000 Cama Ikut SBMPTN

Diperkirakan Membeludak usai SNMPTN Diumumkan

Padang Ekspres • Senin, 20/05/2013 10:50 WIB • Redaksi • 2016 klik

Peserta mengisi formulir pembayaran biaya SBMPTN

Bypass, Padek—Jad­­wal pe­ne­rimaan Se­leksi Bersama Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SB­MPTN) telah ber­jalan se­ming­gu.  Na­mun, hingga akhir pe­kan ke­marin, baru 2.0­00 calon ma­ha­siswa mendaftar. Di­per­ki­rakan pendaftaran bakal mem­beludak setelah pengumuman Seleksi Nasional Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SN­MP­TN) pada 28 Mei. Sementara pendaftaran SBMPTN ditutup 7 Juni.

 

“Hal ini memang biasa ter­jadi dan telah diprediksi. Banyak mahasiswa terutama yang masih menunggu hasil ujian nasional dan SNMPTN. Ini dilakukan ca­lon mahasiswa karena keban­ya­kan mereka ini ikut dalam seleksi SNMPTN,” kata Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN UNP dan Unand, Febrin Anas kepada Padang Ekspres, kemarin (19/5).  Febrin yang juga Wakil Rek­tor I Unand ini mengatakan, ca­lon mahasiswa yang telah men­­daftar umumnya lulusan SMA ta­hun 2012 dan 2011. Pasalnya, ta­matan ini hanya memiliki kesempatan pada jalur SBMPTN dan mandiri.

 

“Belum diketahui jurusan apa yang dipilih. Di website panitia lokal hanya jumlah pen­daftar yang terdata. Untuk ke­lom­pok pilihan sains dan tek­nologi (saintek), sosial dan hu­maniora (soshum), dan cam­pu­ran tidak ada dalam data panitia lokal,” ujarnya.

 

Febrin memprediksi akan ada 40 ribu calon mahasiswa ya­ng memilih jalur SBMPTN ini. Uji­an tertulis SBMPTN terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan dasar um­um­ (TKDU). TKDU itu terdiri atas kemampuan Matematika Da­sar, Bahasa Indonesia, dan Ba­hasa Inggris.

 

Tes Kemampuan Dasar Sa­in­­tek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Bio­­logi, Kimia, dan Fisika, serta Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Hu­maniora (TKD Soshum) ter­di­ri atas kemampuan Sosiologi, Se­jarah, Geografi, dan Ekonomi.

 

Ujian keterampilan SBM­P­TN terdiri atas lima jenis, ujian keterampilan olahraga, ujian ke­terampilan sendratasik (seni drama, tari dan musik), ujian ke­te­rampilan seni tari, ujian ke­terampilan seni musik, dan ujian keterampilan seni rupa atau desain.

 

“Di SBMPTN ini, calon ma­hasiswa juga bisa memlih juru­san selain UNP dan Unand, juga 62 PTN di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk jalur mandiri PTN dilakukan dengan sistem ujian tulis dan hanya bisa me­milih PTN yang ada di daerah mereka,” sebutnya.

 

Bagi siswa yang kurang mam­­pu di bidang akademik tidak perlu khawatir. Lulusan paket C juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama. “Jalur SBMPTN dan Mandiri PTN memberikan kesempatan bagi siswa secara umum. Artinya, ke­sem­patan nilai siswa yang ren­dah tetap bisa diterima,” ujarnya.

 

Porsi penerimaan setiap jalur juga berbeda. Seperti SN­MPTN menampung 50 per­sen, SBMPTN 30 persen, dan Man­diri PTN 20 persen. Untuk UNP, penerimaan mahasiswa SNM­PTN Undangan berjumlah 3.­026 mahasiswa, SBMPTN ber­jum­lah 1.491 dan reguler man­diri 1.181. Sedangkan Unand menerima mahasiswa jalur SN­M­PTN undangan 3.264 se­da­ng­kan SBMPTN 2.176 ma­ha­siswa.

 

Febrin menyebutkan, biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian saintek atau soshum Rp 175.­000. Sedangkan kelompok ujian campuran Rp 200.000. Selain itu, biaya seleksi untuk ujian keterampilan Rp 150.000 per jenis ujian keterampilan. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu dae­rah tidak ada kantor pela­yanan Bank Mandiri, maka biaya se­lek­si dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama.

 

Febrin menjelaskan, jadwal pendaftaran secara online SBM­PTN 2013 dibuka 13 Mei pukul 08.00 hingga 7 Juni pukul 22.­00. Ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 dan ujian keteram­pi­lan pada 20 dan 21 Juni 2013. Hasil SBMPTN akan diumum­kan 12 Juli 2013. Cara pen­daftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada la­man http://ujian.­sbmptn­.­or.id. (ek)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!