Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 12:42:59 WIB
RAKYAT SUMBAR

Gubernur Luncurkan Program P2KP

Masyarakat Diajak Kurangi Konsumsi Beras

Padang Ekspres • Senin, 13/05/2013 12:46 WIB • Yoni Syafrizal • 384 klik

Painan, Padek—Optima­lisasi pemanfaatan pekarang­an me­lalui konsep Kawasan Ru­mah Pangan Lestari (KRPL), akan memberikan dampak positif terhadap keta­hanan ekonomi mikro dan makro. Langkah ini perlu didu­kung oleh masyarakat agar ketahanan pangan Nasional terjamin.

 

Wakil Bupati Pessel, Edi­tia­warman pada Lounching P2KP yang digelar di Nagari Sungai Sariak Kecamatan IV Jurai Sabtu (11/5) mengatakan bahwa tahun 2013 ini Pessel kembali men­dapatkan bantuan program P2KP dari pemerintah pusat.

 

“Bantuan yang disalurkan pada 21 nagari dari 182 nagari yang ada di daerah itu, sebanyak 16 nagari berasal dari dana pusat (APBN). Sedangkan sebanyak 5 nagari lainya bersumber dari dana APBD provinsi. Dengan kembali ditempatkanya program P2KP ini di Pessel tahun 2013, sehingga  sudah 41 nagari yang sudah tersentuh program itu hingga saat ini,” ujarnya.

 

Ditambahkanya bahwa ke­giatan P2KP dengan konsep kawasan rumah pangan lestari itu,  merupakan program peme­rintah dalam menunjang strategi pembangunan yang pro pengu­rangan kemiskinan (pro poor), pro penciptaan lapangan peker­jaan (pro job), pro pertumbuhan (pro growth), pro lingkungan (pro environment) dan pro gender.

 

“Dalam program ini, pene­rima dan pelaksana kegiatan adalah kelompok wanita pendu­duk miskin yang berada di satu kawasan binaan kelompok tani yang masih dalam gerakan pe­nye­jahteraan petani (GPP),” terangnya.

 

Lounching program P2KP tahun 2013 dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari itu, dilakukan langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayit­n­o yang juga didampingi oleh beberapa kapala SKPD di jaja­rannya. Juga hadir dalam ke­sempatan itu Ketua DPRD Pes­sel, Mardinas N Syair, Kepala Badan Penyuluhan dan Keta­hanan Pessel, Emirda Ziswati, serta beberapa kepala SKPD dan ratusan masyarakat yang terga­bung pada kelompok perem­pu­an program P2KP di daerah itu.

 

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan prgram P2KP merupakan program stra­tegis untuk memberikan jaminan ketersedian pangan. Terutama bagi masyarakat yang berada pada level ekonomi me­nengah ke bawah.

 

“Pencanangan P2KP kon­sep KRPL tahun 2013 ini, sebagai langkah menghemat pangan nasional,” ujarnya.(*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!