Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 17:23:13 WIB
PRO SUMBAR

Manfaatkan TTG Secara Optimal

Tingkatkan Kapasitas Nilai Tambah Produk

Padang Ekspres • Senin, 29/04/2013 13:00 WIB • ZIKRINIATI ZN • 245 klik

Pariaman, Padek—Peman­faat­an Teknologi Tepat Guna (TTG) secara optimal oleh masya­rakat akan dapat mengefisienkan ongkos produksi, memperbaiki proses mutu produksi, mening­kat­kan kapasitas dan nilai tam­bah produk, sehingga dapat me­ningkatkan kesejahteraan ma­syarakat dan memberantas ke­mis­kinan.

 

Demikian disampaikan Asis­ten II Ekonomi dan Pem­ba­ngun­an Sukardi dalam sambutannya membuka Sayembara Meran­cang Alat Teknologi Tepat Guna Ta­hun 2013 se-Kota Pariaman di Au­la Rumah Makan Pauh, Paria­man.

 

Ia berharap, melalui kegia­tan Sayembara Merancang Alat TTG Tahun 2013 ini, Kota Paria­man dapat ikut berpartisipasi pada Lomba Inovator Teknologi Ting­kat Provinsi Sumatera Ba­rat dan mendapatkan Penghar­gaan Ino­vator di Bidang Tekno­logi Tepat Guna, sebagaimana yang sudah diraih pada Tahun 2012 yang lalu.

 

“Kota Pariaman pernah m­e­miliki pemuda inovator dengan inovasinya berupa pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak yang dipelopori oleh Alm. M. Afdhal, seorang pemuda yang kreatif dan inovatif, dalam usianya yang masih muda dan dilatar belakangi oleh kebu­tuhan bahan bakar yang terus meningkat sementara keterse­diaan bahan bakar itu sendiri semakin sedikit,” ujarnya kepada Padang Ekspres usai kegiatan, kemarin.

 

Menurutnya, M. Afdal mene­mukan inspirasi dari mengamati plastik, melalui serangkaian uji coba, penelitian dan studi litera­tur sehingga akhirnya terciptalah sebuah rangkaian alat, namun sayang beliau tidak berumur pan­jang, dan kita berharap pe­ngo­lahan sampah ini dapat terus dikembangkan dan disempur­na­kan oleh Inovator-inovator beri­kutnya.

 

“Pemerintah Kota Pariaman senantiasa akan ikut mem­fasili­tasi ide-ide dan kreatifitas yang tumbuh dan berkembang seperti ini dan akan ikut pula melakukan pembinaan se-optimal mung­kin.” jelasnya lagi

 

Dikatakannya, teknologi se­be­narnya bukan barang langka dan asing di tengah masyarakat kita. Stigma bahwa teknologi adalah suatu yang rumit dan jelimet telah terbantahkan, justru banyak teknologi yang maju awalnya diinspirasikan oleh hal-hal sederhana yang diperoleh dari pergulatan manusia dalam men­jawab tantangan hidupnya.

 

Ia cukup berbangga dengan prestasi Kota Pariaman sebe­lumnya diantaranya berhasil mendapatkan predikat I tingkat Propinsi dalam kegiatan Lomba Inovator Teknologi Tahun 2009 untuk kategori Pelajar, dan Pre­dikat III tingkat Propinsi dalam kegiatan Lomba Inovator Tek­nologi Tahun 2011 untuk kategori Pelajar yang diadakan oleh Bap­peda Propinsi Sumatera Barat. “Harapan saya, kita dapat me­ngu­lang kesuksesan tersebut di tahun ini dan tahun-tahun men­datang” tutur nya lagi

 

Jumlah Peserta Sayembara berjumlah 12 Orang, 3 Orang dari Pelajar dan 9 Orang dari kategori Umum. Setiap peserta boleh mendaftarkan lebih dari satu alat TTG.

 

Sukardi berharap agar para peserta Sayembara dapat me­ngambil manfaat dan saling ber­tukar informasi untuk pengem­bangan alat TTG masing-masing.

 

“Kepada Tim Juri, Panitia Pelaksana, saya ucapkan teri­ma­kasih atas partisipasinya,” ujar. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!