Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 10:14:31 WIB
PRO SUMBAR

MoU Gakumdu Pilkada Ditandatangani

Padang Ekspres • Kamis, 25/04/2013 12:30 WIB • REDAKSI • 417 klik

Padangpanjang, Padek—Upa­ya mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pil­kada) 2013, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres dan Kejaksanaan Negeri Padang­pan­jang melakukan penan­datanganan kerjasama (MoU) Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang diseleng­gara­kan Rabu (24/4) di Aula Ma­polres setempat.

 

Ketua Panwaslu Kota Pa­dangpanjang, Agus Salim me­nyebut sesuai dengan fungsi sebagai pengawas tidak ber­kom­peten mengeksekusi pe­lang­garan. Melalui sentra Ga­kumdu, sangat penting kebe­radaannya untuk membahas bersama terkait munculnya indikasi pelanggaran.

 

Meski Padangpanjang me­ru­pakan kota kecil, peluang pelanggaran pidana Pemilu bisa saja terjadi. Kemungkinan itu bisa saja muncul, baik dari dalam maupun dari luar, yang sengaja ingin melakukan per­buatan pelanggaran.

 

"Dengan segala keterbata­san dan Gakumdu sebagai lembaga baru lahir, kami sa­ngat mengharapkan peran aktif instansi terkait. Panwaslu se­bagai leading sector Ga­kum­du, mengharapkan terjalinnya ko­munikasi terbuka lintas in­stansi guna menyukseskan Pilkada di kota ini," harap Agus Salim.

 

Kapolres Padangpanjang AKBP Sofyan Hidayat men­jelas­kan, tujuan kerjasama ini merupakan sarana untuk men­diskusikan segala perma­sala­han menyangkut tindak pida­na Pemilu. Yang mana dalam pelaksanaan aturan hukum khusus untuk Pilkada menga­cu pada UU nomor 8 tahun 1981 tentang KUHP.

 

Kapolres juga menyebut­kan kerjasama ini merupakan tindak lanjut koordinasi antara Bawaslu, Kapolri dengan Keja­gung. Terkait dengan tindak pidana pe­milu dengan meng­gunakan KUHP, Kapolres me­ne­gaskan sehingga siapapun juga yang melangggar tindak pidana Pemilu bisa ditahan jika memenuhi syarat .

 

Sementara Kepala Kejak­saan Negeri Padangpanjang, Siti Aisyah pada kesempatan yang sama menyebutkan Ga­kum­du nantinya diharapkan akan mempercepat dalam se­tiap proses pelanggaran akibat pemilu khususnya pelang­ga­ran pidana.

 

“Gakumdu diharapkan me­­minimalisir pelanggaran,” ujar Siti. (wrd)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!