Jum'at, 18 April 2014 - 17 Jumadil Akhir 1435 H 22:39:54 WIB
PRO SUMBAR

MoU Gakumdu Pilkada Ditandatangani

Padang Ekspres • Kamis, 25/04/2013 12:30 WIB • REDAKSI • 413 klik

Padangpanjang, Padek—Upa­ya mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pil­kada) 2013, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres dan Kejaksanaan Negeri Padang­pan­jang melakukan penan­datanganan kerjasama (MoU) Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang diseleng­gara­kan Rabu (24/4) di Aula Ma­polres setempat.

 

Ketua Panwaslu Kota Pa­dangpanjang, Agus Salim me­nyebut sesuai dengan fungsi sebagai pengawas tidak ber­kom­peten mengeksekusi pe­lang­garan. Melalui sentra Ga­kumdu, sangat penting kebe­radaannya untuk membahas bersama terkait munculnya indikasi pelanggaran.

 

Meski Padangpanjang me­ru­pakan kota kecil, peluang pelanggaran pidana Pemilu bisa saja terjadi. Kemungkinan itu bisa saja muncul, baik dari dalam maupun dari luar, yang sengaja ingin melakukan per­buatan pelanggaran.

 

"Dengan segala keterbata­san dan Gakumdu sebagai lembaga baru lahir, kami sa­ngat mengharapkan peran aktif instansi terkait. Panwaslu se­bagai leading sector Ga­kum­du, mengharapkan terjalinnya ko­munikasi terbuka lintas in­stansi guna menyukseskan Pilkada di kota ini," harap Agus Salim.

 

Kapolres Padangpanjang AKBP Sofyan Hidayat men­jelas­kan, tujuan kerjasama ini merupakan sarana untuk men­diskusikan segala perma­sala­han menyangkut tindak pida­na Pemilu. Yang mana dalam pelaksanaan aturan hukum khusus untuk Pilkada menga­cu pada UU nomor 8 tahun 1981 tentang KUHP.

 

Kapolres juga menyebut­kan kerjasama ini merupakan tindak lanjut koordinasi antara Bawaslu, Kapolri dengan Keja­gung. Terkait dengan tindak pidana pe­milu dengan meng­gunakan KUHP, Kapolres me­ne­gaskan sehingga siapapun juga yang melangggar tindak pidana Pemilu bisa ditahan jika memenuhi syarat .

 

Sementara Kepala Kejak­saan Negeri Padangpanjang, Siti Aisyah pada kesempatan yang sama menyebutkan Ga­kum­du nantinya diharapkan akan mempercepat dalam se­tiap proses pelanggaran akibat pemilu khususnya pelang­ga­ran pidana.

 

“Gakumdu diharapkan me­­minimalisir pelanggaran,” ujar Siti. (wrd)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!