Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 03:52:59 WIB
BERITA DAERAH

Kab. Lima Puluh Kota

Ratusan Bacaleg Terdaftar di KPUD

Belasan di Antaranya Wali Nagari

Padang Ekspres • Berita Politik • Selasa, 23/04/2013 13:01 WIB • REDAKSI • 590 klik

Limapuluhkota, Padek—-Ratusan orang dari 12 partai politik (parpol) peserta pemilu telah mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Baca­leg) di KPUD Limapuluh Kota. Mereka berasal dari sejumlah latar belakang pekerjaan. Belasan di antaranya merupakan wali nagari.

 

Setelah menerima pendaftaran ratusan Bacaleg tersebut, KPUD Limapuluh Kota akan me­lakukan verifikasi data terhadap masing-masing Bacaleg. Selanjutnya, nanti akan di tetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan diumumkan di media massa selama lima hari.

 

“Saat pengumuman itu nanti, masyarakat bisa memberikan tanggapan dan kesempatan bagi paratai politik dan calon untuk melengkapi persyaratanya yang masih kurang,” jelas Ketua KPUD Kabupaten Limapuluh Kota, Syahrul kepada Padang Ekspres, Senin (22/4) sore.

 

Syahrul menyebutkan, KPUD akan langsung menghitung jumlah bacaleg yang didaftar masing-masing partai, kemarin malam. Jika semua parpol memasukkan daftar bacaleg 100 persen, maka totalnya ada 420 orang. Para Bacaleg tersebut tersebar dari lima daerah pemilihan (Dapil). Di mana Kecamatan Payakumbuh dan Akabiluru adalah (Dapil I), Kecamatan Suliki, Gunungomeh dan Kecamatan Bukittbarisan (Dapil II), Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX (Dapil III), Kecamatan Harau, Guguak, dan Mungka (Dapil IV), serta Kecamatan Luak, Lareh Sago Halaban dan Situjuah Limo Nagari (Dapil V).

 

Semua Parpol yang telah mendaftarkan bacaleg­nya ke KPUD, hampir semuanya mengaku telah melakukan penyeleksian untuk memunculkan tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi pada “alek” demokrasi 2014 nanti.

 

Misalnya, Partai Demokrat Limapuluh Kota yang dipimpin Darman Sahladi. Dia mengaku telah menyeleksi nama-nama yang mungkin akan mam­pu menjadi penyalur aspirasi masyarakat untuk mendorong terciptanya kebijakan yang pro rakyat. “Selain berkompeten, kita juga melihat anak-anak muda yang energik ikut menjadi andalan Demok­rat,” ungkap Wakil Sekretaris DPC Demok­rat Limapuluh Kota, Wendi Chandra Datuak Marajo.

 

Partai Hanura dengan sejumlah nama yang telah dirangkulnya juga berkomitmen akan meraih masing-masing satu kursi di setiap dapilnya. Demikian juga dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Parta Bulan Bintang (PBB)  yang juga mengusung nama-nama yang diyakini bisa mem­bawa aspirasi masyarakat nantinya.

 

Belasan Walinagari Ikut Mendaftar

 

Berdasarkan informasi yang berhasil di himpun Padang Ekspres, terdapat belasan Walinagari yang ikut mendaftar dan bakal meramaikan pesta demokrasi mendatang. Sejumlah nama-nama yang berhasil di himpun di antaranya, Wali Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Muham­mad Hilmi; Wali Nagari  Kototinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Dasril; Wali Nagari Taehbaruah, Syafrizal Datuak Patiah; dan Wali Nagari Taeh­bukik, Kecamatan Payakumbuh, Jon Wihardi

 

Selanjutnya, Wali Nagari Batupayuang, Keca­matan Lareh Sago Halaban, Afrizal Nawar; Wali Nagari Gunungmalintang, Pangkalan Koto Baru, Edirman Khatib; Wali Nagari Pandamgadang, Suriadi; Wali Nagri Jopangmanganti, Dasmon; dan Wali Nagari Labuahgunuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Masri Syarkawi

 

“Sampai saat ini kami masih aktif, sebab sedang masih mengurus surat pengunduran diri. Sehingga saya masih tetap melakukan pekerjaan seperti biasanya. Namun jika sudah pasti dikabulkan pengunduran diri, tentunya akan digantikan oleh pelaksana tugas atau PJS nantinya,” ungkap Walinagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Muhammad Hilmi.

 

Wali Nagari Taehbaruah, Kecamatan Payakum­buh, Syafrizal Datuak Patiah yang telah mendaf­tarkan diri sebagai bacaleg juga mengaku masih aktif. Sebab masih menunggu surat proses pengun­duran dirinya. “Sekarang saya sedang mengurus surat pengunduran diri sebagai Wali Nagari. Sebab syaratnya memang harus mengundurkan diri, mengingat masa jabatan saya masih ada sampai tahun 2014 nanti,”sebutnya. (fdl)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!