Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 15:15:52 WIB
RAKYAT SUMBAR

PTSP Bentuk Kluster Perikanan

Rp 5,3 M untuk 288 UMKM Binaan

Padang Ekspres • Selasa, 26/03/2013 13:17 WIB • • 379 klik

Padang, Padek—Tahun ini, PT Semen Padang (PT SP) akan mem­bentuk kluster usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di sektor perikanan di Padang. Tahun sebelumnya, PT SP membuat kluster untuk produk UMKM di Bukittinggi.

 

PT SP akan menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang yang akan diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepa­ha­man (memorandum of understanding/MoU). 

 

“Penandatangan MoU nanti akan dihadiri Gubernur Sumbar dan Wako Padang serta Kepala DKP Padang,” ungkap Kepala Biro Corporate Social Responsibility (CSR) PT SP,  Ampri Satyawan kepada Padang Ekspres, kemarin.

 

PT SP juga membuat MoU antara kluster UMKM perikanan dengan konsumennya, seperti Rocky Plaza, Rumah Makan Sederhana, Hotel Pangeran Beach dan supermarket di Kota Padang. PT SP juga membe­rikan pelatihan manajemen selama dua hari (25-26 Maret) kepada 288 UMKM  binaan. Terdiri 219 UMKM baru, dan 69 UMKM program lan­jutan.

 

219 UMKM baru ini direkrut PT SP dari berbagai sektor usaha, yang tersebar di kabupaten/kota Sumbar. Rinciannya sektor industri (65 UMKM),

 

perdagangan (53 UMKM), sektor jasa (44 UMKM), per­kebunan (38 UMKM), dan lainnya (19 UMKM).

 

Sedangkan wilayah pe­nyeb­arannya di Kabupaten Dhar­masraya (98 UMKM), Padang (85 UMKM), Solok  (10 UM­KM), Tanahdatar (8 UMKM), Pesisir Selatan (5 UMKM) dan lainnya (13 UMKM).

 

Pada triwulan I tahun ini, sebut Ampri, PT SP akan me­nya­lurkan dana program ke­mitraan (PK) kepada 288 UMKM sebesar Rp 5,3 miliar dari total Rp 19 miliar yang akan disalurkan tahun ini untuk 750 UMKM.

 

Ampri berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi UMKM sehingga pengusaha UMKM dapat berkembang menjadi motor penggerak pem­­bangunan Sumbar.

 

Di tempat yang sama, Se­kretaris Perusahaan PT SP, Firdaus  berharap program CSR ini dapat dirasakan  dan dinikmati masyarakat Sum­bar.

 

“PT SP menggelar pelatihan manajemen UMKM ini ber­pin­dah-pindah. Seperti di Bu­kittinggi, Tanahdatar, dan Dharmasraya. Kami ingin me­majukan UMKM Sumbar. Ka­mi berharap, dana bergulir ini bisa dikembalikan tepat wak­tu,” pungkasnya. (zil)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!