Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 14:39:30 WIB
RAKYAT SUMBAR

PTSP Bentuk Kluster Perikanan

Rp 5,3 M untuk 288 UMKM Binaan

Padang Ekspres • Selasa, 26/03/2013 13:17 WIB • • 384 klik

Padang, Padek—Tahun ini, PT Semen Padang (PT SP) akan mem­bentuk kluster usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di sektor perikanan di Padang. Tahun sebelumnya, PT SP membuat kluster untuk produk UMKM di Bukittinggi.

 

PT SP akan menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang yang akan diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepa­ha­man (memorandum of understanding/MoU). 

 

“Penandatangan MoU nanti akan dihadiri Gubernur Sumbar dan Wako Padang serta Kepala DKP Padang,” ungkap Kepala Biro Corporate Social Responsibility (CSR) PT SP,  Ampri Satyawan kepada Padang Ekspres, kemarin.

 

PT SP juga membuat MoU antara kluster UMKM perikanan dengan konsumennya, seperti Rocky Plaza, Rumah Makan Sederhana, Hotel Pangeran Beach dan supermarket di Kota Padang. PT SP juga membe­rikan pelatihan manajemen selama dua hari (25-26 Maret) kepada 288 UMKM  binaan. Terdiri 219 UMKM baru, dan 69 UMKM program lan­jutan.

 

219 UMKM baru ini direkrut PT SP dari berbagai sektor usaha, yang tersebar di kabupaten/kota Sumbar. Rinciannya sektor industri (65 UMKM),

 

perdagangan (53 UMKM), sektor jasa (44 UMKM), per­kebunan (38 UMKM), dan lainnya (19 UMKM).

 

Sedangkan wilayah pe­nyeb­arannya di Kabupaten Dhar­masraya (98 UMKM), Padang (85 UMKM), Solok  (10 UM­KM), Tanahdatar (8 UMKM), Pesisir Selatan (5 UMKM) dan lainnya (13 UMKM).

 

Pada triwulan I tahun ini, sebut Ampri, PT SP akan me­nya­lurkan dana program ke­mitraan (PK) kepada 288 UMKM sebesar Rp 5,3 miliar dari total Rp 19 miliar yang akan disalurkan tahun ini untuk 750 UMKM.

 

Ampri berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi UMKM sehingga pengusaha UMKM dapat berkembang menjadi motor penggerak pem­­bangunan Sumbar.

 

Di tempat yang sama, Se­kretaris Perusahaan PT SP, Firdaus  berharap program CSR ini dapat dirasakan  dan dinikmati masyarakat Sum­bar.

 

“PT SP menggelar pelatihan manajemen UMKM ini ber­pin­dah-pindah. Seperti di Bu­kittinggi, Tanahdatar, dan Dharmasraya. Kami ingin me­majukan UMKM Sumbar. Ka­mi berharap, dana bergulir ini bisa dikembalikan tepat wak­tu,” pungkasnya. (zil)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Menunda Akuisisi BTN

MASIH teringat dari layar TV, wajah Budi Gunadi Sadikin semringah sepekan lalu. Kegembiraan bos Bank Mandiri yang baru berumur 40 tahun itu disebabkan terwujudnya impian yang dia idam-idamkan sejak lama. Yakni, mem­bawa bank yang dipimpinnya menjadi salah satu bank yang patut diperhitungkan di kancah ASEAN.

Butuh Listrik

Yth. Bapak kepala PLN...Kapan kampung kami (Kabupaten Pessel, Kecamatan Sutera Kenagarian Koto Nan 3 Selatan) akan dialiri listrik, padahal kampung kami bukan kampung terpencil..kami sekampung sangat berharap perhatian dan tindak lanjut dari bapak. Atas perhtian Bapak kami skmpg mengucapkan terima kasih. Wassalam.

Jumat ,25 April 2014

Perempuan Berpeluang Pimpin DPRD

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai.............................!

 

Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Jan sampai ndak panen lo Pak, ka kida suok beko...............................!

 

Korban Gigitan Musang Meninggal

Inalilallahi, awak ikuik baduka pak.................................................!