Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 07:40:16 WIB
PRO SUMBAR

Harga Tomat Merangkak Naik

Perbuahnya Menyentuh Angka Rp1.500

Padang Ekspres • Selasa, 26/03/2013 10:40 WIB • YULICEF ANTHONY • 1040 klik

Solok, Padek—Setelah bawang merah dan putih meroket mem­bus Rp.60 ribu sekilo, kini giliran tomat gila-gilaan di pasaran. Sepanjang kemarin, harga tomat di Pasar Raya Solok mulai me­nyentuh Rp1.500 per biji, dengan kisaran perkilonya rata-rata Rp18.000.

 

Tak hayal, fenomena ini te­rasa begitu memberatkan bagi kalangan ibu rumahtangga dalam memenuhi kebutuhan pangan harian, setelah sebelumnya harga berbagai kebutuhan pokok lain­nya juga ikut bergerak naik me­lampoi batas normal.  Ber­gerak naiknya harga berbagai jenis bahan pangan ini mengakibatkan biaya hidup masyarakat terasa kian berat, sementara kemam­puan untuk dapat memenuhinya terbatas.

 

“Harga berbagai jenis pangan harian kian tidak stabil, satu-persatu diantaranya bergerak naik. Setelah bawang merah dan putih bertengger dikirasan Rp60 ribu,  kini tiba giliran tomat Rp18.000 perkilo,” keluh Yas­marni,50, ibu rumahtangga yang juga Anggota TP-PKK Kelurahan Kampung Jawa, kemarin (24/3).

 

Guna menekan biaya belanja pangan keluarganya, lanjut Yas­marni, terpaksa pembelian bahan bahan masakan dilakukan seper­lunya untuk kebutuhan satu atau dua hari saja, setelah sebelumnya dominan untuk kebutuhan per­minggu. Seperti halnya tomat, semula dibeli perkilo kini ter­pak­sa dibeli perbiji ke pedagang sayuran keliling dengan bandrol Rp1500 perbiji. Begitupun ba­wang merah juga dalam jumlah sedikit yang sekarang bertahan diposisi Rp.50 ribu perkilo, ba­wang putih Rp70 ribu sekilo.

 

“Biasanya dengan membawa uang Rp.200 ribu ke pasar, sudah penuh keranjang pulang. Justru sekarang, Rp500 ribu pun masih belum cukup,” imbuhnya.

 

Pantauan Padang Ekspres di Paar Raya Solok, harga sayuran dan buah hampir rata-rata ber­gerak naik dibanding dua pekan sebelumnya, dengan volume kenaikan bervariatif. Namun dari berbagai jenis kebutuhan ini, tomat cukup mencolok, dari biasanya Rp10.000 menjadi Rp18.000 perkilogram.

 

Meski naik, namun keter­sedian kebutuhan sayuran dan buah diin­for­masikan cukup aman bagi wara Solok. Sebab selain produk lokal, pen­distri­busian stok dari luar­daerah  ma­sih lancer.

 

“Harganya naik dari sononya, sehingga kami di sini terpaksa harus menyesuaikan harga. Mes­ki demikian, ketersediaan stok dpastikan akan tetap lancar,” aku Jhon,45, selaku pedagang se­kaligus agen sayuran dan buah di Pasar Raya Solok.

 

Kaum ibu-ibu rumahtangga di Kota dan Kabupaten Solok berharap pemerintah segera mengambil langkah tepat, agar harga sayuran dan buah dapat kembali normal seperti sedia kala. (*)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!