Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 15:14:37 WIB
BERITA DAERAH

Kota Payakumbuh

SDN 46 Pemuncak, SDN 42 Juru Kunci

Kadisdik: UAS-BK Baru Pemanasan

Padang Ekspres • Berita Pendidikan • Sabtu, 23/03/2013 12:46 WIB • FAJAR RILLAH VESKY • 648 klik

Payakumbuh, Padek—SD Negeri 46 Payakumbuh di Kelurahan Sa­wah­padang, Kecamatan Payakum­buh Selatan, berhasil meraih nilai tertinggi, dalam Ujian Akhir Sekolah Bersama Kota (UAS-BK) tingkat SD/MI yang diikuti 75 sekolah negeri dan swasta di Payakumbuh.

 

Ini diketahui Padang Ekspres setelah Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri menyerahkan hasil UAS-BK kepada 75 ke­pala SD dan MU, Kamis (21/3) lalu. Acara itu juga dihadiri Kabid TK/SD Zet­riwardi, para kepala UPTD Pen­didikan dan pengawas.

 

Menurut Hasan Bas­ri, SDN 46 Payakumbuh di Sawahpadang, ber­ha­sil menjadi pemuncak pertama, setelah siswa-siswinya memperoleh nilai rata-rata 9,32. Dengan rincian, bidang studi Agama 9,2 dan PKN 9,71. Sedangkan IPS, rata-rata 8,9.

 

Bagi keluarga besar SDN 46, peringkat pertama UAS-BK di Paya­kumbuh  bukan lagi sesuatu yang membanggakan. Karena dalam tiga tahun terakhir, sekolah yang dipim­pin Wandri SPd ini, memang selalu berada pada peringkat pertama.

 

Sementara, posisi kedua hasil UAS-BK  SD tahun ini, diperoleh SDN 49 Payakumbuh yang berada di Balaipanjang, Payakumbuh Sela­tan dengan nilai rata rata 9,08. Peringkat ketiga, diraih SDN 17 Payakumbuh di Bunian. Sekolah yang dipimpin Ermawati ini, mem­peroleh nilai rata-rata 8,88.

 

Adapun peringkat keempat, ditempati SDN 59 Payakumbuh di Pakan Sinayan. Sekolah dipimpin Marizon Neldi S.Pd ini, peroleh nilai rata-rata 8.87. Disusul, SDN 39 Payakumbuh di Labuahbasilang pimpinan Amsar SPd dengan nilai rata-rata 8,79.

 

Sedangkan peringkat enam,  ditempati SDN 04 Payakumbuh di Labuah Baru. Sekolah yang dipim­pin Farida S.Pd ini, memperoleh nilai rata-rata 8,74. Peringkat ketu­juh, ditempati SDI Raudhatul Jan­nha, dengan nilai rata-rata 8,69.

 

Peringkat kedelapan, diraih SDN 40 Payakumbuh di Kelurahan Tan­juanggadang. Sekolah yang dipim­pin Heru Purwanto S.Pd ini, baru pertama kali masuk 10 besar, dalam tiga tahun terakhir. Dengan nilai rata-rata 8,66.

 

Adapun peringkat kesembilan, diperoleh SDN 02 Payakumbuh di Balai Nan Duo, pimpinan Nelwati S.Pd, dengan nilai rata-rata 8,60. Sedangkan peringkat kesepuluh, diraih SDN 60 Payakumbuh di Kubu Gadang pimpinan Erva Yora, de­ngan nlai rata rata 8,59.

 

Dengan demikian, dari 10 SD yang masuk peringkat 10 besar UAS-BK tahun ini, 6 SD berada di wilayah kerja UPTD Pendidikan Paya­kum­buh Barat dan Selatan. Sedangkan, 4 SD berada di wilayah UPTD Paya­kumbuh Utara.

 

Sementara, SD-SD yang berada di Paya­kumbuh Timur, belum ber­hasil masuk 10 besar, hasil UAS-BK tahun ini. Malahan, SDN 42 Pa­yakumbuh di Bodi, Aiatabik, harus rela menjadi juru kunci, satu tingkat di bawah SD Islam Al-Azhar.

 

Kepala Dinas Pendidikan Paya­kumbuh Hasan Basri, meng­apre­siasi nilai UAS-BK yang dicapai masing masing SD. ”Dari rata-rata nilai, semua sekolah, sudah cukup bagus. Tapi kepala sekolah dan guru jangan merasa puas dulu,” ucapnya.

 

Hasan yang fokus mengurus pendidikan dan tidak mau bermain-main ke ranah politik praktis, me­nye­but, UAS-BK sebagai sebuah pemanasan. ”Ibarat pertandingan, ini baru pemanasan dan uji coba. Finalnya, nanti di bulan Mei, berupa Ujian Nasio­nal. Sekolah, harus fokus ke sana,” ujarnya.

 

Terpisah, salah se­orang kepala SD di Pa­yakumbuh Yusrizal, me­nga­ku termotivasi meli­hat hasil UAS-BK.

 

Dalam ren­tang  waktu satu setengah bulan ke depan, sekolah yang dipimpinnya, akan men­disi­plinkan schedule kerja, untuk me­ningkatkan hasil UN. ”Sesuai pesan Kadisdik, kita akan manfaatkan semua potensi yang ada di sekolah. Tentunya dengan me­ningkat  kerja­sama warga sekolah dan orang tua,” kata Yusrizal yang termasuk tokoh perintis Balai Warta­wan Paya­kum­buh. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code
Berita Terkait