Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 18:48:38 WIB
RAKYAT SUMBAR

Railbus Diuji Coba, Rel Bermasalah

Padang Ekspres • Jumat, 22/03/2013 14:18 WIB • • 558 klik

Padang, Padek—Setelah tiga bulan ngetem di Padang, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen) melakukan uji coba railbus, kemarin (20/3). Dalam uji coba dengan rute stasiun Lubukalung-Padang itu, belum berjalan mulus karena masih bermasalah pada relnya.

 

Manajer Humas PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Romeyo mengatakan, uji coba diadakan Ditjen Perkeretaapian. Selain uji coba railbus, sekaligus mencoba rel yang akan dilalui.

 

“Awalnya rute railbus ini untuk ke bandara. Tapi dalam uji cobanya, kita memakai rute Lubukalung-Padang. Dari eva­luasi kita, relnya masih berma­salah. Kita akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Sumbar untuk mencari solu­sinya,” ujar Romeyo.

 

Secara umum, uji coba railbus tidak ada mengalami kenda­la berarti. Hanya masalah kece­patan railbus yang belum mak­simal karena banyaknya per­lintasan liar.

 

“Untuk kondisi railbus tidak ada permasalahan. Ha­nya, railbus tidak bisa melaju maksimal karena kondisi rel tidak men­dukung dan banyak perlintasan liar. Kecepatan railbus hanya 25 hingga 30 km/jam. Harapan kita railbus melaju hingga 40 km/jam,” kata Romeyo.

 

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Mudrika mene­rang­kan, uji coba kelayakan railbus dan rel akan dilakukan lagi dengan memakai penumpang pada awal April nanti. Hasil uji coba ini dikirim ke Ditjen Per­keretaapian untuk memastikan izin operasi railbus.

 

“Uji coba ini untuk men­dapatkan kepastian izin. Dengan begitu, kita bisa segera me­nentukan rutenya dan biaya tiket yang akan ditetapkan,” jelas Mudrika. (cr3)

 

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!