Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 00:31:05 WIB
RAKYAT SUMBAR

13 Mei, Pendaftaran SBMPTN Dibuka

Padang Ekspres • Selasa, 19/03/2013 12:28 WIB • • 4881 klik

Padang, Padek—Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang (UNP) menetapkan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur. Untuk UNP, Seleksi Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan berjumlah 3.026, Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berjumlah 1.491 dan reguler mandiri sebanyak 1.181 kursi.

 

Sedangkan Unand, menerima mahasiswa jalur SNMPTN undangan sebanyak 3.264 se­dangkan untuk SBMPTN sebanyak 2.176. Por­sinya masing-masing SNMPTN menam­pung 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan seleksi mandiri 20 persen.

 

Wakil Rektor I Unand, Febrin Anas menjelaskan, jadwal pendaftaran online SBMPTN 2013 akan dibuka 13 Mei pukul 08.00 hingga 7 Juni pukul 22.00. Ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 dan ujian keterampilan pada 20 dan 21 Juni 2013. Hasil SBMPTN akan diumumkan 12 Juli 2013. Cara pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.

 

Febrin menambahkan, bia­ya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp. 175.000. Sedan­g­kan untuk kelompok ujian cam­puran sebesar Rp 200.000. Selain itu, biaya seleksi untuk ujian kete­ram­pilan sebesar Rp 150.000 per jenis ujian keterampilan.

 

“Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, ma­ka biaya seleksi dapat diba­yarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama,” kata Febrin ketika ditemui Padang Ekspres, Sabtu (16/3).

 

Untuk jalur SBMPTN di­lakukan dengan ujian tulisan. Ujian dilakukan secara ber­sama dan siswa juga bisa me­mlih PTN yang mereka pilih. Bedanya, untuk jalur ini siswa tamatan tahun 2011 dan 2012 bisa mengikuti ujian ke­sempatan masuk PTN. Se­dang­kan untuk jalur mandiri dilakukan dengan sistem ujian tulis dan siswa hanya bisa memilih PTN yang ada di da­erah mereka.

 

Selanjutnya, siswa yang kurang mampu di bidang aka­demik tidak perlu khawatir. Untuk jalur SNMPTN diakui untuk siswa yang memiliki nilai akademik yang bagus. Bahkan untuk paket C juga bisa men­dapatkan kesempa­tan yang sama. “Jalur SBMPTN dan Mandiri PTN memberikan ke­sem­patan bagi siswa secara umum. Maksud­nya kesem­patan nilai siswa yang rendah tetap bisa dite­rima,” ujarnya.

 

Kepala SMAN 4 Padang, Yunisra mengatakan masih me­nunggu pengumuman SNMPTN. “Sebab, sesuai ke­ten­tuan, siswa yang tidak lulus SNMPTN bisa mencoba ma­suk jalur SBMPTN. Kami be­lum fokuskan menghadapi ujian SNMPTN, tapi persiapan UN,” katanya. (ek)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!