Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 02:32:40 WIB
PRO SUMBAR

Padang Butuh 174 Shelter lagi

Antisipasi Banjir Bandang, Gempa dan Tsunami

Padang Ekspres • Rabu, 27/02/2013 12:21 WIB • • 616 klik

Padang, Padek—Menyikapi ko­ta yang  rawan bencana alam, Padang butuh 200 ba­ngunan selter. Sebagai tujuan evakuasi warga bila terjadi bencana, seperti  banjir besar, gempa dan Tsunami. Dari 200 yang dibutuhkan itu, sebanyak 100 unit bangunan selter dibu­tuhkan di zona merah, dan saat ini 26 unit selter telah di­bangun di sekolah, kantor pemerintahan dan lainnya. Artinya, Padang masih butuh 174 shelter lagi. Badan Na­sional Penanggulangan Benca­na (BNPB) berencana meng­gelontorkan anggarannya un­tuk bangun shelter di Padang, tapi berapa totalnya hingga kemarin belum bisa dipas­ti­kan. Hal itu terungkap dalam perbincangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah dan Pemadam Keba­karan Padang Budhi Erwanto de­ngan Padang Ekspres, ke­marin.

 

Dari 26 unit yang sudah ada, terbanyak di Kecamatan Padang Barat, seperti di Pa­dang Pasir, Jalan Veteran, dan lainnya. Pemerintah melalui badan penanggulangan ben­cana (BPBD), kata Budhi, me­wajibkan bagi tiap bangunan baru di Padang, harus memi­liki shelter. Baik gedung seko­lah, kantor pemerintahan dan rumah masyarakat. Teruma yang berada pada kawasan zona merah, sebagai antisipasi bila terjadi bencana alam.

 

Menurutnya, 200 selter dibutuhkan di padang, dan  ba­kal disebar diberbagai dae­rah. Mulai dari Kecamatan Koto­tangah hingga ke Bungus Te­luk­kabung, serta kawasan yang berada dipinggir pantai,yang berpotensi besar terhadap fenomena geologi bencana alam,ingatnya.

 

Kata Budhi Erwanto, pi­hak­nya telah melakukan soa­sialisasi kepada masyarakat, melalui Kelompok Siaga Ben­cana (KSB). Baik di Kecamatan maupun di Kelurahan yang ada di Padang. Agar warga tidak panik menyelamatkan diri bila terjadi bencana, se­perti jalur evakuasi dan lokasi yang aman bagi bencana.

 

Soal tanggap darurat ben­cana, sudah ada dicantumkan dalam peraturan pemerintah kota (perwako), menyangkut bencana melibatakan semua un­sur, baik TNI, Polri, BPBD,KSB dan elemen ma­syarakat yang peduli bencana.

 

“Padang kota yang rawan bencana, sebab itu tiap ba­ngunan baru harus pakai sel­ter. Ini, antisipasi bila terjadi ben­cana. Yang namanya ben­cana, tidak seorang pun me­ngetahuinya. Ibarat pepatah, siapkan payung sebelum hu­jan. Soal banjir, gempa dan Tsunami, kita harus siapkan selter sebelum bencana itu datang. setidaknya dapat me­ngurangi korban jiwa,seperti gempa 2009 lalu dan bencana lainnya,”imbuhnya.

 

Ketua RW 6 Keluarahan Padang Pasir, Arisman Nur kepada Padang Ekspres me­nga­takan, pemerintah melalui BPBD sudah melakukan sosia­li­sasi tagana bencana, sejak 2012 lalu. Terutama bagi dae­rah­nya yang merupakan kawa­san zona merah, wajib adanya selter.

 

Di kelurahan Padang Pasir, Kata Arisman sudah memiliki 6 unit bangunan selter, seperti gedung pendidikan, dan kan­tor pemerintahan. Serta satu unit gedung selter baru di RW 6 yang dibangun melalui dana BNPB pusat Rp37,4 miliar, waktu pelaksanaan 300 hari kalender yang dikerjakan konsultan PT Tano. Bangunan tersebut, menurutnya telah siap 80 persen.  Bangunan lantai II dan IV itu, mampu menampung 3 ribu jiwa, bila peristiwa bencana mengancam Padang, ujarnya. (mg20)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!