Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 06:16:58 WIB
BERITA DAERAH

Kab. Agam

Pariwisata Agam Beragam

Padang Ekspres • Berita Pariwisata • Kamis, 10/01/2013 12:52 WIB • • 585 klik

Agam Padek—Musim  libur  Sekolah yang baru lalu,  objek   wisata  Agam ramai  pe­ngun­jung.  Tidak  kurang     1.000 sampai  1.500 orang  dalam sehari berkunjung ke objek wisata Agam.

 

Kepala Dinas Pariwisata Agam Junaidi kepada Padang Ekspres Senin (7/1) lalu me­nga­takan, memasuki libur sekolah, beberapa objek wisata di Kabupaten Agam, seperti Puncak Lawang Kecamatan Matur dan Pantai Banda Gadang Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, mengalami peningkatan pengunjung.

 

 Menurut  Juanidi, terjadinya  lonjakan  pengunjung  karena  sedang  libur  sekolah. Biasanya  saat  liburan  sekolah,  para  orang tua  mengajak  putra  putrinya  berwisata  ke  objek wisata di daerah Agam.

 

Pengunjung, selain  bisa  menikmati  keindahan  alam  juga  dapat  menambah wawasan  dan  pengetahuan  tentang  budaya masyarakat Agam, seperti paket wisata Forum Agro Wisata Nagari Madani Matur Kabupaten Agam.

 

  Konsep paket wisata di Matur melibatkan pemuda dan potensi yang ada di enam nagari, meliputi Nagari Matua Hilia, Lawang, Matua Mudiak, Panta Pauah, Tigo Balai dan Nagari Parikpanjang. Semuanya berinisiatif mengek­ploi­tasi potensi wisata, budaya, sejarah, seni dan agro di tiap nagari.

 

“Konsep wisata di Matur bisa menjadi pengisi liburan masyarakat dan komunitas di masa liburan ini,” kata Juanaidi.

 

 Matur memiliki daya tarik wisata bagi para pecinta alam. Mulai dari keindahan pe­man­dangan Danau Maninjau, dikelilingi pe­man­da­ngan empat gunung, Gunung Marapi, Sing­ga­lang, Talamau dan Sago serta alam perbukitan, lembah serta hamparan perkebunan tebu dan kilang tradisionalnya. Kemudian, hamparan sawah dan ladang serta wisata minat khusus seperti wisata pejalan kaki, maraton wisata melewati sungai, goa stalaknit dan stalatit, lembah serta 7 air terjun dari Kapalo Ilalang menuju Danau Maninjau.

 

“Selain itu, juga ada wisata bersepeda keliling kampung yang masih alami atau sepeda gunung dengan tantangan me­ng­asyi­k­kan sambil menikmati pemandangan alam me­nakjubkan, serta mengendarai motor trail m­enelusuri hutan belantara serta tandem paralayang dari Puncak Lawang,” katanya.

 

Murni, 47, salah seorang pemilik warung tradisional di Puncak Lawang mengatakan, peningkatan pengunjung memang signifikan saat libur sekolah ini dan terjadi peningkatan kunjungan mencapai 20 sampai 30 persen dari hari sebelumnya.

 

“Selama dua hari libur bersama, jumlah pengunjung naik mencapai 700 orang tiap hari yang berasal dari Kota Bukittingi, Paya­kumbuh, Padangpanjang, Pasaman dan Pekan­baru. Pengunjung ini datang ke sini secara berkelompok atau satu keluarga,” katanya.

 

Hal senada juga disampaikan Nuzir, 52, salah seorang penjaga Pantai Banda Gadang Kecamatan Tanjung mengatakan, setiap libur sekolah Pantai Banda Gadang selalu ramai dikunjungi warga, baik dari Kabupaten Agam maupun luar Agam.(y)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!