Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 03:56:06 WIB
BERITA DAERAH

Kota Bukittinggi

TdS V, Bukittinggi Start dan Finish

Padang Ekspres • Berita Nasional • Jumat, 04/01/2013 13:51 WIB • • 655 klik

Bukittinggi, Padek—Kota Bu­kit­tinggi ditetapkan sebagai tem­pat Start dan Finishnya balap se­peda Tour de Singkarak (TdS) V ta­hun 2013 ini. Dipilihnya kota sejuk ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemen­pa­rek­raf), sebagai titik start dan finish etape I, tidak terlepas dari sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki.

 

Wali Kota Bukittinggi, H. Ismet Amzis juga meyatakan kesediaan Bukittinggi menjadi titik start dan finish TdS 2013. Seluruh SKPD dan DPRD juga telah menyatakan dukungannya. Bahkan pemerintah bersama DPRD telah me­nem­pat­kan anggaran yang dibutuhkan meski belum merinci berapa total biaya yang diperlukan untuk itu.

 

“Sebagai kota destinasi pa­ri­wisata di Sumatera Barat, maka su­dah selayaknya Bukittinggi men­da­pat kesempatan menjadi lokasi start iven balap sepeda Inter­na­sional. Untuk itu, pemerintah kota akan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung, sehingga tidak mengecewakan pihak panitia maupun pebalap yang ikut ber­patisipasi,” kata Ismet Amzis.

 

Dalam pertemuan dengan war­ta­wan di Bukittinggi, Kasubdit Promosi Wilayah Sumatera dari Kemenparekraf, Raseno Arya, mengatakan, dipilihnya Bukit­ti­nggi, sebagai tempat start dan finish etape I dS V tahun 2013, telah menjadi ketetapan Kemen­pa­rek­raf, dan tidak akan diubah. Dari sur­vey yang dilakukan, ternyata Bukittinggi memang layak untuk menjadi titik start TdS 2013.

 

Tidak hanya itu, pihak Kemen­pa­rekraf juga telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kepo­lisian daerah, hingga ke tingkat pemerintah kota dan kabupaten beserta pihak terkait lainnya, untuk membahas berbagai per­sia­pan untuk menyukseskan TdS 2013 tersebut.

 

“Kegiatan ini sudah mendunia dan telah tercatat di agenda tahu­nan Internasional Union Cycliste Internationale (UCI). Makanya, semua  persiapan dan pelaksanaan harus dilakukan secara matang. Kami berharap, seganap unsur pemerintah dan masyarakat bisa mendukungnya dengan baik,” harap Raseno Arya.

 

Menurutnya,  pada TdS 2013 nanti, Kemenparekraf menarget­kan 25 negara ikut serta menjadi peserta. Saat ini ada beberapa negara yang telah mengkonfirmasi ketertarikannya untuk menjadi peserta, seperti Australia, Jepang, China dan Malaysia. Ivent TdS 2013 itu sendiri dijadwalkan mulai tanggal 1 hingga 9 Juni 2013. 

 

Meski akan dibuka tanggal 1 Ju­ni 2013, namun start TdS 2013 akan dilakukan tanggal 3 Juni 2013. Strategi ini dilakukan, agar para peserta mempunyai waktu lua­ng selama satu hari untuk me­nikmati keindahan Kota Bu­ki­t­ti­ng­gi, sebelum mereka bertan­di­ng. 

 

Konsultan TdS 2013, Sondi Sampurno juga menjelaskan, pe­nentuan etape Tour de Singkarak 2013 akan dipilih setelah melalui survey pada awal Januari 2013 mendatang, dengan mem­pertim­bang­kan unsur keamanan, kein­da­han alam dan tantangan yang akan dilalui. “Pada TdS 2013 nanti seluruh kegiatan pendukung TdS juga dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah kota dan kabu­paten di Sumbar, serta bisa ber­koordinasi dengan panitia pusat,” jelasnya. 

 

Setiap daerah hen­daknya me­nampilkan kesenian dan budaya khas masing-masing, tidak hanya tari pasambahan se­mata. Sebab kalau masing-masing daerah me­nampilkan tari pasam­bahan, akan terlihat monoton dan tidak me­narik bagi peserta.Pembukaan TdS dilak­sa­nakan 1 Juni 2013, malam hari di Jam Gadang. (rul)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!