Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 07:32:49 WIB
BERITA DAERAH

Kab. Lima Puluh Kota

Flyover Rampung Agustus 2013

Padang Ekspres • Berita Pemerintahan • Rabu, 02/01/2013 12:33 WIB • • 555 klik

Limapuluhkota, Padek—Ketua Komisi V DPR RI, Mul­yadi berharap pembangunan jalan dan jembatan (fly over) Kelok 9 sebagai penghubung lintas tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera di kilometer 146 dan 148, Keca­matan Harau, Limapuluh Kota, bisa rampung  Agustus mendatang. Sehingga mega proyek nasional tersebut se­gera bisa dimaksimalkan fung­­sinya untuk meng­hu­bungkan Sumbar  dan Riau serta sejumlah provinsi lainya di pulau Sumatera.

 

“Kita berharap pem­ba­ngunan jalan dan jembatan Kelok 9 segera rampung pe­ngerjaannya bulan Agustus ini. Sehingga pada Oktober sudah bisa dilakukan peres­mian penggunaannya untuk memperlancar arus trans­portasi yang berhubungan dengan jalur ini,” ungkap Mulyadi saat berkunjung ke Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang, akhir pekan lalu.

 

Pembangunan jembatan dan jalan Kelok 9 yang dimu­lai sejak 2003, merupakan mega proyek nasional dengan panjang keseluruhan 2.537 meter dengan 964 meter di antaranya merupakan jem­batan, dengan lebar 13,5 me­ter dan dilengkapi pelindung setinggi 1 meter di sisi kanan kiri jalan. Tahap II yang diker­jakan selama  2012, dih­a­rap­kan sudah tuntas mem­ba­ngun dua jembatan dengan panjang 250 meter dan jalan penghubung sepanjang 1 kilometer.

 

“Kita berharap pem­ba­ngunan jalan akan me­n­do­rong tingkat perekonomian masyarakat. Sebab arus ba­rang dan jasa dari Sumtera Barat ke Riau atau sebaliknya, serta sejumlah daerah lainya akan berjalan lancar dan tidak lagi kesulitan saat melintasi jalan sempit kelok 9 sebelum­nya,” tambah Mulyadi.

 

Menurut politisi De­mo­krat dari daerah pemilihan Sumbar II itu, anggaran yang paling besar untuk pem­ba­ngunan jembatan sejak tahun 2003 lalu itu, pada 2012. Sebab pada 2012, besaran anggaran dari APBN sebesar Rp198 miliar untuk pem­bangunan tahap II.

 

“Anggaran pembangunan jembatan yang dialokasikan di APBN 2012 merupakan yang terbesar sejak awal pem­bangunannya. Tahun ini, ren­cananya dianggarkan sekitar Rp 50 miliar lagi untuk pe­nye­lesaian akhir. Kami berharap, peresmiannya nanti dila­ku­kan Presiden SBY,” tambah Mulyadi.

 

Sementara jalan Kelok 9 lama yang dibangun di zaman pemerintahan Hindia Be­landa tahun 1932 tersebut, akan berubah fungsi sebagai objek wisata alam dan se­jarah, sebagai aset wisata yang dimiliki  Limapuluh Kota di masa depan. (fdl)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!