Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 17:23:32 WIB
METROPOLIS

Anak Tiga Tahun Bayar Tiket

Padang Ekspres • Selasa, 25/12/2012 12:48 WIB • • 239 klik

Sawahan, Padek—Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumbar telah memberlakukan kewajiban bagi penumpang berusia di bawah tiga tahun membayar tiket. Kebijakan itu diambil sesuai amanah UU 23/2007 tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian. Dengan kebijakan itu, seluruh penumpang mendapat jaminan asuransi.

 

Pasal 167 Ayat (1) menjelaskan, penyeleng­gara sarana perkeretaapian wajib mengasu­ransikan terhadap pe­ng­guna jasa. “Artinya, ada kewajiban kita sela­ku penyelenggara untuk mengasuransikan seluruh penumpang,” kata Ma­nejer Humas PT KAI Divre II Sumbar, Romeyo, kepada Padang Ekspres, kemarin.

 

Diberlakukannya pem­belian tiket bagi seluruh penumpang tan­pa terkecuali anak di ba­wah 3 tahun, katanya, agar semua penumpang yang mempunyai tiket otomatis mendapatkan asuransi. “Untuk asuransi tersebut kita sudah kerja sama dengan asuransi Jasindo, peru­sahaan asuransi BUMN,” sebut Romeyo.

 

Romeyo mengakui jika sebelumnya ada penggratisan biaya tiket bagi penumpang anak di bawah 3 tahun. Sejak diberlakukan kebijakan penghapusan penggratisan tersebut, seluruh penumpang kini diwajibkan membayar tiket termasuk anak di bawah 3 tahun. “Kebijakan ini sudah jalan, efektifnya sejak Senin (17/12) lalu hingga ke depan,” ulasnya.

 

Ditambahkan Romeyo, me­­nyambut Natal dan Tahun Baru 2013, PT KAI (Persero) Divre II Sumbar selaku penge­lola perkeretaapian di Sumbar, memberangkatkan satu kereta api lagi. Penambahan kereta api itu untuk mengatasi lon­jakan penumpang yang naik kereta api selama liburan.

 

Tambahan kereta api itu bernama kereta api wisata Dang Tuanku. Kereta api ini berope­rasi dari tanggal 24 Desember hingga tanggal 1 Januari 2013 dengan rute dari Padang ke Pariaman. “Dari Padang berang­kat pukul 08.30,” paparnya.

 

Romeyo menjelaskan, se­tiap harinya PT KAI (Persero) Divre II Sumbar juga mengo­pe­rasikan kereta api regular Si­binuang yang diberangkatkan setiap hari yakni pukul 06.00 dan pukul 13.00. (bis)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!