Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 02:32:25 WIB
RAKYAT SUMBAR

2014, Pembangkit Geothermal Dibangun

PT SEML Berhasil Buktikan Panas Bumi

Padang Ekspres • Sabtu, 22/12/2012 12:30 WIB • • 1137 klik

Uji sumur jangka pendek telah dilakukan pada 13-15 Desember 2012.

Solsel, Padek—PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) mengumumkan telah berhasil menyelesaikan pemboran sumur eksplorasi yang pertama di Liki Pinangawan, Solok Selatan. Uji sumur jangka pendek telah dilakukan pada 13-15 Desember 2012. Dalam pengujian itu, berhasil membuktikan adanya sistem panas bumi.

 

“Untuk pembuktian lebih lanjut me­ngenai kondisi reservoir dan produktivitas sumur, akan dilakukan uji sumur jangka panjang,” kata Communication and Relation Officer PT Supreme Energy Muara Laboh, Leila Rima, dalam siaran persnya, kemarin.

 

Sumur eksplorasi ML-A1 dibor hingga kedalaman 1.550 MMD (Meter Measured Depth), dapat dikategorikan sebagai sumur sangat besar dengan perkiraan kapasitas lebih dari 20 MW. 

 

Sumur pertama ini, kata Leila, menan­dakan telah dimulainya program eksplorasi di Liki Pinangawan. SEML menargetkan penyelesaian program pemboran eksplorasi di tahun 2013 dan memulai konstruksi pembangunan pembangkit listrik di tahun 2014 dengan kapasitas  220 MW (nett).

 

PT Supreme Energy Muara Laboh dimiliki oleh PT Supreme  Energy, GDF Suez dan Sumitomo Corporation. Penanda­tanganan Perjanjian Jual Beli Listrik (Power Purchase Agreement/PPA) antara SEML dan PT PLN (Persero) telah dilakukan 2 Maret 2012.

 

Saat berkunjung ke Solsel beberapa waktu lalu, Wakil Men­teri Ener­gi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rubi Rubiandini mengungkapkan, proyek panas bumi PT SEML di Solsel merupakan pem­bangunan kembali industri panas bumi yang su­dah 20 tahun tidak bergerak. Di Solsel juga meru­pakan uap pertama yang mulai ke luar setelah undang-undang panas bumi ada. “Jadi dimulai di Solsel akan menjadi sejarah kebangkitan panas bumi Indonesia. Karena setelah ini industri panas bumi akan segera kembali bangun dan kemudian hidup,” ujarnya.  (sih)

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!