Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 16:36:24 WIB
PRO SUMBAR

Pilkada Pariaman 4 September 2013

Padang Ekspres • Jumat, 23/11/2012 13:49 WIB • • 836 klik

Pariaman, Padek—Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pe­milihan Umum (KPU ) Kota Pariaman me­nyiapkan rancangan tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Pariaman. Dalam rancangan itu ter­lihat, bahwa proses pilkada akan ber­la­ngsung 4 September 2013 mendatang, se­dang­kan rancangan untuk putaran kedua akan dilaksanakan 29 Oktober 2013.

 

“Untuk Pilkada, dari hasil rancangan KPU, tanggal 4 September merupakan tanggal yang tepat untuk melakukan pemungutan suara pada Pilkada Kota Pariaman,” ujar Ketua KPU Pariaman Indra Jaya kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.

 

Alasannya di bulan September, hanya ada dua tahapan antara pemilihan legislatif dan pilkada yang berdempetan pelaksanaannya. Jika dilaksanakan Juli, ada sepuluh tahapan yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan. Sedangkan untuk pelaksanaan putaran kedua, jika memang ini dibutuhkan akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2013.

 

Untuk partai politik yang mengajukan calon wali kota / wakil wali kota harus memiliki 15 persen yang ada di DPRD. Bagi yang tidak cukup tentunya harus menjalin koalisi dengan partai lain. Sedangkan untuk calon per­seorangan minimal memiliki du­kungan 6,5 persen dari jumlah penduduk Kota Pariaman. Tahapan selanjutnya, KPU akan melaksnaakan verfikikasi faktual dukungan untuk calon perseorangan dan untuk partai akan diverifikasi keabsahan kepengurusan partai.

 

Sementara untuk mencegah terjadinya kisruh Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU berharap Pemko Pariaman menyerahkan data mutakhir jumlah penduduk Kota Pariaman, tentunya yang terdaftar pada saat e-KTP. Jika data ini yang diberikan, Indra yakin tidak aka nada warga yang tidak masuk DPT.

 

Sungguh demikian, sejumlah antisipasi untuk DPT telah dipesiapkan KPU melalui lima tahapan, diantaranya penyerahan DPT dari Pemko Pariaman. Mengolah data tersebut kedalam DP 4. Mengumumkan data pemilih sementara (DPS) sambil menunggu adanya pendaftaran bagi warga yang belum terdaftar.

 

Dilanjutkan dengan Daftar Pemilih Per­baikan dan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap Tambahan. Dengan langkah seperti ini diharapkan kekisruhan DPT yang biasanya terjadi pada setiap pemilihan, tidak terjadi lagi.

 

Jika pada pelaksanaan pemungutan suara 4 september tidak ada masalah sengketa pemilu maka pada 9 oktober, kandidat yang me­menangi Pilkada akan segera dilantik. (nia)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Selesaikan Pemilu, Jangan Terlena Koalisi

LUPAKAN sejenak hiruk pikuk isu koalisi partai politik. Proses pemilihan umum legislatif 2014 masih berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Rencananya, KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara pada 7 Mei 2014. Proses tersebut pun harus terus dikawal. Sebab, itulah yang nanti menjadi pijakan untuk proses berikutnya, yakni pengisian pejabat DPR dan pemilihan umum presiden (pilpres). Hasil penghitungan cepat memang bisa menjadi pedoman awal. Namun, bukan itu yang berlaku secara nasional.

Perbaiki Layanan RS Ahmad Muchtar

YTH bapak pimpinan Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi. Apa begitu pelayanannya, adik saya masuk rumah sakit pagi jam 9 dan pulang jam 4 sore tapi siangnya tidak dikasih makan. Padahal kami bayar cash. Tolong dijelaskan.

Senin, 21 April 2014

Jadilah Konsumen Cerdas

Parhatian bana kalau ka mambali-bali tuh. Jan sampai takicuah pulo........................................................!

 

Kadis dan Kabid DKP jadi Tersangka

Itulah Pak, jan buang sampah jo sambarangan.......................................!

 

Caleg Nasdem Dilaporkan Money Politic

 Lah ka salasai pemilu ko, banyak nan saliang malapor mah..........................!