Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 11:32:02 WIB
METROPOLIS

Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Komunitas Penikmat Susu Murni

Padang Ekspres • Sabtu, 20/10/2012 13:21 WIB • • 535 klik

Para penyuka susu saat ngumpul di salah satu kafe khusus susu murni dan yoghurt

Bagi orang kebanyakan, susu identik dengan pelengkap sarapan dan minuman kesehatan. Namun di Padang, minum susu menjadi bagian dari gaya hidup dan ritual nongkrong, sejajar dengan kopi dan minuman ringan. Bahkan, para penyuka susu ini pun mulai membentuk sebuah komunitas.

 

Tiga anak muda ini asyik me­ngobrol di sebuah kafe khusus me­nya­jikan susu murni dan yoghurt di ka­wa­san Samudera Padang, kemarin. Se­lain membahas per­ku­liahan, ter­dengar juga mereka saling men­ge­dukasi manfaat dan khasiat susu murni.

 

“Kami memang menyukai susu murni ini. Bukan susu bubuk yang ada di pasaran saat ini. Apalagi, susu murni tersebut tanpa pengawet dan cukup di­pas­tereusasi saja sudah bisa di­mi­num,” ka­ta Algonio, 23, kepada Pa­dang Ek­s­pres, kemarin.

 

Untuk menghilangkan kebosanan, kata mahasiswa UNP ini, dia juga me­ngemasnya dengan aneka rasa. Ada ra­sa co­kelat, vanila, bahkan ditambah ma­ka­nan ringan untuk lebih enak rasa su­su mur­ni ini. “Bahkan ketika ngum­pul ka­mi saling mencoba aneka rasa susu murni itu agar nggak bosan,” ucap pe­milik Shiro Milk ini. Algonio merasa susu murni telah men­jadi kebutuhannya setiap hari. Ia me­mesan susu murni di Pa­da­ng­panjang. Biasanya, dalam sebulan, dia menghabiskan lima liter susu murni. Men­gon­sum­sinya, dua kali sehari.

 

“Ada yang kurang rasanya jika nggak minum susu murni ini. Untung di Padang sudah ada kafe khusus bagi penyuka susu murni. Jadi, kami nggak susah mendapatkan minuman ini setiap hari,” ucap Al.

 

Awalnya, dia khawatir kege­mukan lantaran mengonsumsi susu murni. “Ternyata tidak. Malah saya banyak merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Ke­mudian, memperbaiki sta­mina tubuh, sebagai zat pem­bangun,” ucapnya.

 

“Berdasar salah satu sumber disebutkan komposisi dalam 100 cc susu sapi segar terdiri dari kalori 61 kkal, protein 3,2 gram, lemak 3,5 gram, karbohidrat 4,3 gram, kalium 1.200 mg, kalsium 143 mg, fosfor 469 mg, vitamin B1 0,03 mg, vitamin C 1 mg,” ungkapnya sambil mem­per­lihatkan komposisi susu murni ini. Tahun depan, Dinas Pe­ter­nakan Sumbar mengajak me­reka berpartisipasi dalam Ha­ri Susu Nasional. “Ini ten­tunya surprise bagi kami anak muda terlibat dalam iven skala na­sional,” ucap Algonio.

 

Hal senada disampaikan penyuka susu lainnya, Doni, 23. “Memang sejak kecilnya suka akan susu murni ini. Bahkan, saat ini dalam sebulan meng­ha­biskan 20 liter susu murni. Habis, dalam sehari bisa tiga gelas,” ujar Doni.

 

Doni mempunyai misi ingin mengajak anak-anak muda Padang mengonsumsi susu murni. “Meminum susu murni ini tak hanya kalangan anak-anak saja. Orang dewasa pun juga butuh susu murni. Man­faatnya pun juga banyak dira­sakan,” tutur Doni.

 

Kandungan lemak susu murni relatif rendah. Di dalam susu terkandung vitamin B2 dan vitamin A.

 

Selain protein juga ter­dapat macam-macam asam amino yang penting un­tuk pertumbuhan tubuh. “Itu­lah salah satu manfaat yang saya rasakan,” ungkap Doni.

 

Untuk mendapatkan susu murni, kini tak perlu bingung lagi karena telah hadir kafe dan ko­munitas penyuka susu. “Ja­di, sambil ngumpul nikmati susu juga mendapatkan ba­nyak ilmu,” sebutnya.

 

Desi, 22, penyuka susu murni lainnya, sering mem­va­riasikan aneka rasa susu murni agar  tidak lekas bosan. “Usai dipasteurisasi langsung di­minum. Tak boleh dibiarkan lama,” tukas Desi.

 

Untuk mendapatkan susu murni, Desi mengaku harus memburunya ke Pa­da­ng­pan­ja­ng. “Jika tidak, terpaksa di­gan­ti dengan teh susu atau kopi susu. Tapi rasanya tak seenak susu murni. Lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan,” tuturnya. (ril) 

 

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!