Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 08:06:44 WIB
RAKYAT SUMBAR

Pembinaan Pemuda Terabaikan

Dispora hanya Fokus pada Olahraga

Padang Ekspres • Sabtu, 13/10/2012 12:56 WIB • ARZIL • 306 klik

Padang, Padek—Persoalan pemuda dan olahraga ibarat dua sisi mata uang yang saling berhubungan satu sama lain. Namun dalam im­ple­men­tasi­nya, kedua bidang itu terkesan ada perbedaan.

 

Staf ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Penga­rus­tamaan Pemuda dan Olah­raga, Adiati Nurdin menye­butkan, secara kebijakan, Ke­men­pora sudah menegaskan kedua bidang itu harus dapat perhatian berimbang, se­hing­ga ada korelasi dalam pem­binaan. “Sayangnya be­berapa daerah cenderung berpihak pada satu bidang saja,” ujarnya usai membuka Lokakarya Pe­ngarustamaan Pemuda dan Olahraga, di Hote Alana, ke­ma­rin (12/10).

 

Lokakarya yang difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar itu, diikuti sejumlah utusan dari KONI, KNPI, Karang Taruna dan pihak lainnya.

 

Berdasarkan pengamatan dan kajian dari Kemenpora, Adiati mengatakan, program Pengarustamaan Pemuda dan Olahraga masih lemah. Untuk memperkuatnya dibutuhkan dukungan serius dan political will dari pemerintah daerah. “Itu dilihat dari masih tim­pangnya alokasi anggaran un­tuk bidang kepemudaan di ban­ding olahraga. Padahal, kedua bidang itu saling berhu­bu­ngan,” kata wanita asal Bu­kit­surungan, Padangpanjang itu.

 

Dia menilai, pemuda harus dilibatkan dalam penyusunan program kepemudaan. Sebab, mereka yang menjadi objek ke­giatan program dalam pelak­sanaan di lapangan.

 

Selain itu, perlu pening­katan alokasi anggaran di bidang kepemudaan. Dengan demikian, program peme­rintah melahir­kan pemuda Indonesia yang tangguh bisa diwujudkan.

 

Olahraga Gaya Hidup

 

Menyinggung aspek olah­raga, Adiati menjelaskan bah­wa Kemenpora ingin men­jadikan olahraga sebagai gaya hidup masa kini. Kata dia, bila masyarakat segar dan bugar, maka masyarakat itu akan produktif dan sportif. Tidak hanya masyarakat, Kemen­pora juga meminta instansi pe­merintah/swasta dan BUMD menggalakkan olahraga.

 

Sekretaris Dispora Sumbar Adib Alfikri, mewakili kepala di­nas, menyampaikan Loka­karya itu penting bagi para pemuda dalam mengetahui sejauh mana peran mereka dalam mengisi program pe­merintah.

 

“Terus terang, yang nama­nya Pengarustamaan Pemuda dan Olahraga itu belum se­mua­nya diketahui oleh pemu­da. Jadi tidak salah kiranya dalam lokakarya itu berbagai informasi menyangkut topik yang dibicarakan dapat dike­tahui,” kata Adib. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!