Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 01:24:01 WIB
NASIONAL

Prioritas Usia 87 Tahun ke Atas

Kuota Haji 2012 masih Sisa 2 Ribu

Padang Ekspres • Minggu, 09/09/2012 07:46 WIB • • 705 klik

Semarang, Padek—Hingga batas akhir pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) 7 September lalu, ternyata kuota 211 ribu tetap tidak terpenuhi. Calon jamaah haji yang sudah melunasi BPIH baru 191 ribu orang lebih. Itu berarti masih ada sisa 19 ribu lebih kursi yang belum terisi.

 

Namun, dari angka ter­se­but, 17 ribu kursi sudah dise­dia­kan untuk calon jamaah haji khusus. Sisanya, dua ribu lebih, menjadi jatah menteri agama yang pen­dis­tri­bu­sian­nya terserah Menag.

 

”Sisa sekitar 2 ribuan itu akan diprioritaskan untuk calon haji berusia lanjut, yaitu mulai usia 87 tahun hingga 116 tahun. Dalam catatan siskohat, ada calon haji yang berusia 116 tahun,” kata Me­nag Su­r­ya­dhar­ma Ali di sela silaturahmi dan halal bi halal di Kantor PW NU Jateng ke­marin.

 

Menurut dia, kebijakan ter­sebut sudah menjadi ke­pu­tu­san pemerintah. Sebagai lan­da­san hukum, sudah dike­luar­kan SK Dirjen Urusan Haji dan Umrah. ”SK dikirim ke daerah hari ini (kemarin, red). Biar yang berusia lanjut berangkat lebih dulu. Jika pada 2013 ada pendaftar yang usianya di atas 87 tahun, mereka akan lang­su­ng di­berangkatkan,” kata Ke­tua Umum DPP PPP itu.

 

Suryadharma mengatakan, kuota haji secara nasional tahun ini 211 ribu orang dan tidak ada tambahan. Hal itu berbeda dengan 2011 bahwa pemerintah mendapat kuota tambahan 10 ribu dari pe­merintah Arab Saudi. Dengan begitu, totalnya menjadi 221 ribu.

 

”Kalaupun ada tambahan, tampaknya tidak akan bisa terserap habis. Sebab, wak­tu­nya sangat mepet. Pada 21 September, kloter pertama sudah be­rangkat,” kata Surya­dhar­ma.

 

Seperti diberitakan, waktu pelunasan BPIH 2012 adalah  1–31 Agustus 2012 untuk ge­lom­bang pertama dan 3–7 Sep­tember untuk gelombang kedua. Gelombang kedua di­pe­runtukkan calon jamaah haji (CJH) yang mestinya be­rang­kat pada 2013.

 

Kepala Kementerian Aga­ma Provinsi Jawa Tengah Imam Haromain mengatakan, pada masa pelunasan per  1–31 Agustus, jumlah CJH Jawa Tengah yang tidak bisa me­lu­nasi BPIH tercatat 1.043 orang. Setelah dibuka kembali pada 3–7 September, sisa kuota tersebut tetap tidak habis.

 

”Masih ada sekitar 250 kuota yang belum dilunasi. Selanjutnya kami serahkan ke pusat,” kata Imam yang juga ikut mendampingi Sur­ya­dhar­ma Ali. (hid/saf/isk/jpnn)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!