Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 02:59:24 WIB
BERITA DAERAH

Kab. Lima Puluh Kota

5 Kubik Kayu Illegal Disita

Truk Berasap, Sopir Kabur

Padang Ekspres • Berita Kriminal • Selasa, 10/07/2012 12:13 WIB • * • 384 klik

Limapuluh Kota, Padek—Belum tuntas penyelidikan kasus terbaliknya truk ber­muatan balok di Jalan Paya­kumbuh-Lintau Sabtu (9/7) malam, kasus yang berhu­bungan dengan kepemilikan kayu, kembali terjadi di Kabu­paten Limapuluh Kota.  Dini hari kemarin atau Senin (9/7), Polisi Kehutanan Limapuluh Kota, berhasil mengamankan satu unit truk yang membawa 5 kubik kayu tanpa dilengkapi dengan dokumen sah.

 

”Truk bernomor  polisi BA 8208 RN dengan muatan seki­tar 5 kubik kayu illegal itu, kita amankan dalam sebuah ope­rasi rutin di depan Polsek Harau, kawasan Tanjungpati, Kecamatan Harau,” kata Kepa­la Dinas Kehutanan Lima­puluh Kota Deswan Putra ke­pa­da Padang Ekspres, Senin (9/7) siang.

 

Deswan menduga, kayu yang berada di dalam truk ber­asal dari kawasan Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Saat dicegat oleh polisi kehutanan, sopir dan knek truk tidak dapat mem­perli­hatkan dokumen kepemilikan kayu. Mereka, akhirnya digi­ring menuju markas Polhut di Jalan Rangkayo Rasuna Said, Payakumbuh.

 

Hanya saja, dalam perja­lanan dari Harau ke Paya­kumbuh, mengalami beberapa kali kerusakan dan menge­luarkan asap. Kerusakan kem­bali terjadi saat truk melintas di kawasan Balaibatimah, Ke­lu­rahan Payakumbuh Timur, persisnya di sekitar RSBI SMAN 1 Payakumbuh.

 

”Truk mengalami keru­sakan radiatornya. Sopir truk segera menghentikan truk dan pergi mencari air bersama kerneknya. Tapi, sejak mencari air itu, sopir dan kernet tidak kembali. Mereka kabur entah kemana. Walau begitu, truk­nya tetap kita amankan,” ujar Deswan.

 

Bekas kepala Badan Kepe­gawaian Daerah itu  menyebut, truk yang diamankan Polisi 7Kehutanan di depan Polsek Harau Senin malam, sudah menjadi target incaran se­menjak 16 April 2012 lalu.

 

”Truk ini sempat mema­cetkan arus jalan di Lubuk­bangku April lalu, dan se­malam truk tersebut berhasil ditangkap. Untuk sementara truk tersebut kami tempatkan di sini,” ujar Deswan.

 

Sementara itu, terkait de­ngan truk bermuatan kayu balok yang terbalik di Kilometer 6 Jalan Raya Lintas Paya­kumbuh-Lintau, persisnya Simpang Pinangbalirik, Su­ngai­kamuyang, Kecamatan Luak, Deswan meyakini, truk bernomor polisi BA 9737 MJ itu membawa kayu illegal. ”Pada bulan Desember 2011 lalu, truk tersebut pernah ditangkap di kawasan Lu­bukbangku dan membawa kayu ilegal,” ungkap Deswan Putra. (pl-1)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!