Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 01:21:07 WIB
RAKYAT SUMBAR

Jalan Padang-Bengkulu Mendesak Dibenahi

Padang Ekspres • Rabu, 27/06/2012 12:06 WIB • * • 519 klik

Painan, Padek—Peningkatan kualitas dan perbaikan jalan nasional jalur barat yang me­lintasi Kabupaten Pesisir Selatan terus dilakukan. Jalur barat batas Padang hingga perbatasan Bengkulu ini, kini mulai padat dilewati kendaraan berbagai ukuran.

 

Untuk meningkatkan ken­yamanan pengendara, pe­me­rin­tah pusat menganggarkan dana peningkatan dan pemeliharaan sebesar Rp 600 miliar untuk perbaikannya. Dana yang ber­sumber dari APBN akan ber­lanjut hingga tahun 2014.

 

Bupati Pessel, Nasrul Abit mengatakan, perbaikan ruas jalan yang dimulai tahun ini, rampung tahun 2014. Jalur ini merupakan alternatif untuk memangkas jarak menuju Pulau Jawa. “Intensitas kendaraan yang melintas di daerah itu mulai tinggi. Karena itu, penin­g­katan dan perbaikan jalan sudah menjadi sebuah ke­ha­rusan,” ujarnya.

 

Saat ini, jalan ini sudah menjadi salah satu jalur utama angkutan ekspedisi dari Pulau Jawa menuju Padang. Dengan melewati jalur ini, akan terjadi pengiritan biaya operasional dengan selisih jarak tempuh men­ca­pai 350 km dibanding mele­wati jalur utara.

 

“Dengan semakin tingginya intensitas jalur barat Padang-Bengkulu ini, akan berpengaruh pula terhadap peningkatan eko­nomi masyarakat. Makanya, pem­bangunan jalan yang dila­kukan saat ini perlu didukung masyarakat,” imbaunya.

 

Saat ini saja, jalan Padang-Bengkulu sudah menjadi jalur utama bagi kendaraan pe­nga­ngkut minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan truk-truk ekspedisi dari Pulau Jawa ter­masuk truk pengangkut ko­moditi hasil produksi pertanian dan perkebunan rakyat juga banyak yang melewati jalur tersebut.

 

Terkait perbaikan jalan ya­ng putus akibat banjir ban­da­ng November 2011 di Pasir Putih Kambang, juga tengah dilakukan. Pemerintah menar­getkan tahun ini ruas jalan itu sudah kembali normal. “Ka­rena ruas jalan itu berada pada kawasan wisata Pasir Putih kambang, sehingga status ja­lan­nya bukan lagi menjadi ja­lur lintas. Sebab, pada ka­wasan itu sudah dibangun ruas jalan baru yang melingkar ke kampung Padangrubiah hing­ga simpang tiga Pasar Gom­pong. Ruas jalan pasir putih ini akan dijadikan sebagai jalan wi­sata,” ulas Nasrul Abit. (yon)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!