Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 14:40:04 WIB
NASIONAL

Gaji 13 Cair Senin

Refdiamon: Teknisnya, Tergantung SKPD

Padang Ekspres • Sabtu, 16/06/2012 11:02 WIB • HIJRAH ADI SUKRIAL • 1890 klik

GRAFIS : ORTA

Padang, Padek—Ini kabar gembira ba­gi pegawai negeri sipil (PNS) di Sum­bar. Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar memastikan mulai Senin (18/6) mendatang, gaji ke-13 siap di­cairkan. Namun teknis pencairannya, ter­gantung kesiapan satuan kerja pe­rangkat daerah (SKPD) masing-masing.

 

Kepala Bidang Bendahara Umum Dae­rah (BUD) Dinas Pengelolaan Ke­uangan Dae­rah (DPKD) Sumbar, Refdia­mon me­nga­­ta­kan, agar gaji PNS bisa se­gera diba­yar­kan, ma­ka pihak­nya akan be­ru­paya me­nyele­saikan surat perintah pen­cairan dana (SP2D) sesegera mun­g­kin.

 

“Hari Sabtu dan Minggu, kami (DPKD, red) akan tetap bekerja. Sehing­ga SP2D bisa selesai, dan gaji ke-13 bisa di­bayarkan Senin,” paparnya.

 

Dia menjelaskan, pencairan gaji ke-13 mengacu kepada surat eda­ran Pem­prov Sumbar me­ngac­u kepada Surat Eda­ran (SE) Di­rektorat Jenderal Perben­da­ha­­raan Kementerian Keuangan ten­­tang Petunjuk dan Meka­nis­me Pencairan Gaji ke-13.

 

Refdiamond menjelaskan, gaji ke-13 akan dikirim ke reke­ning masing-masing PNS sehing­ga tidak terjadi pemo­tongan. Dia ber­harap, seluruh SKPD juga bisa ber­­gerak cepat dalam pencairan gaji ke-13 ini, sehingga uangnya bisa segera diman­faatkan untuk membiayai sekolah anak.

 

”Momennya pas dengan pem­bayaran uang sekolah dan biaya lainnya. Semoga bisa di­manfaatkan dengan baik,” ha­rap­nya.

 

Sebelumnya diberitakan, pem­ba­yaran gaji ke-13 PNS di Sum­bar sempat ter­sendat. Hal itu disebabkan SE Ditjen Pe­r­ben­­­da­haraan Kementerian Ke­uangan belum sam­pai ke daerah.

 

Gaji ke-13 sudah beberapa ta­hun diberikan pemerintah pa­da PNS. Tidak sekadar gaji po­kok, tapi juga berbagai tun­jangan lainnya seperti tun­jangan keluarga dan tun­jangan jabatan lainnya. Ketentuan ini mengacu pa­da PP No 57 Tahun 2012 ten­tang Pemberian Gaji/Pensiun/Tun­jangan ke-13. Sayang dalam pasal 1 mengenai ketentuan umum yang biasanya menje­laskan tentang definisi gaji ke-13 tidak dicantumkan. Sehingga, per­lu kiranya atau sekurangnya di­diskusikan kembali makna dari gaji ke-13 itu.

 

Soal gaji ke-13 ini, pengamat eko­nomi dari Universitas Bung Hatta, Syafrizal Chan menilai, su­dah seharusnya pemerintah me­nyusun kriteria dan prosedur bagi pegawai negeri dan pejabat ne­­g­ara yang berhak mem­pe­roleh tambahan kesejah­teraan.

 

”Jika hal ini tidak dilakukan, ma­ka menurut hemat saya, pem­berian gaji dan tunjangan pu­kul rata ke semua pegawai ne­geri dan pejabat negara, baik ber­p­restasi maupun tidak pres­tasi. Ini sama saja dengan pem­borosan,” jelasnya. (*)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Menunda Akuisisi BTN

MASIH teringat dari layar TV, wajah Budi Gunadi Sadikin semringah sepekan lalu. Kegembiraan bos Bank Mandiri yang baru berumur 40 tahun itu disebabkan terwujudnya impian yang dia idam-idamkan sejak lama. Yakni, mem­bawa bank yang dipimpinnya menjadi salah satu bank yang patut diperhitungkan di kancah ASEAN.

Butuh Listrik

Yth. Bapak kepala PLN...Kapan kampung kami (Kabupaten Pessel, Kecamatan Sutera Kenagarian Koto Nan 3 Selatan) akan dialiri listrik, padahal kampung kami bukan kampung terpencil..kami sekampung sangat berharap perhatian dan tindak lanjut dari bapak. Atas perhtian Bapak kami skmpg mengucapkan terima kasih. Wassalam.

Jumat ,25 April 2014

Perempuan Berpeluang Pimpin DPRD

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai.............................!

 

Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Jan sampai ndak panen lo Pak, ka kida suok beko...............................!

 

Korban Gigitan Musang Meninggal

Inalilallahi, awak ikuik baduka pak.................................................!