Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 09:48:02 WIB
BERITA DAERAH

Kota Bukittinggi

Tanggulangi Bencana, BPBD Bentuk KKLK

Padang Ekspres • Berita Pemerintahan • Senin, 23/04/2012 14:36 WIB • (rul) • 269 klik

Bukittinggi, Padek—Diawali dengan pembentukan Kelompok Kebakaran Lingkungan Kelurahan (KKLK) tahun 2010 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, bakal melanjutkan pembentukan wadah swadaya warga kelurahan untuk membantu penanggulangan bencana, khususnya kebakaran di lingkungan masing-masing.


Sebelumnya, KKLK tahun 2010 yang baru mencakupi enam kelurahan itu, bakal disempurnakan lagi, baik nama maupun struktur organisasinya dan akan dilengkapkan pada 18 kelurahan yang masih belum terbentuk.  “Sesuai tugas sosial-kemanusiaan bagi BPBD, keterlibatan warga disekitar tempat kejadian sangat,” kata Sekretaris Pelaksana BPBD, Zul Amri, kemarin.


Zul Amri yang didampingi Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bukittinggi, Syafar menyebutkan, warga lingkungan lah yang selama ini banyak memberikan bantuan terhadap setiap bencana, khususnya saat terjadinya kebakaran. Karena akan lebih baik bila di setiap lingkungan sudah ada wadah swadaya yang mengambil langkah awal pemberian bantuan.


Dengan peranan kelompok swadaya masyarakat kelurahan itu, banyak tugas yang dapat dilakukan, seperti proses evakuasi terhadap benda atau korban serta pengamanan lokasi, sehingga tidak mengganggu penangggulangan bencana oleh petugas terkait (BPBD). Apabila Tagana sudah terbentuk di daerah lain, maka sejak tahun 2010 lalu di Bukittinggi juga sudah terbentuk KKLK.


Namun pembentukannya baru sampai pada 6 kelurahan, dari 24 kelurahan yang ada di kota Bukittinggi. Pada setiap kelompok swadaya tiap kelurahan tersebut, selain diberikan penyuluhan sampai keterampilan dalam menanggulangi berbagai bentuk bencana, juga akan diberikan bantuan peralatan yang dapat membantu tugas, seperti pesawat hotel tenggo (HT) dan racun api.


Dalam penanggulangan yang dilakukan, perlunya peranan petugas instansi terkait untuk pengamanan lokasi bencana. (rul)


[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!