Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 14:37:48 WIB
INTERNASIONAL

Serangan Taliban Berakhir

Presiden Afghan Salahkan NATO

Padang Ekspres • Rabu, 18/04/2012 14:10 WIB • (AFP/AP/cak/dwi) • 396 klik

Korban Militan: Seorang polisi Afghanistan menyelidiki mayat seorang pemberontak

Kabul, Padek—Serangan luas dan terencana milisi Taliban di Kabul dan beberapa wilayah lain di Afghanistan selama 10 tahun belakangan ini Senin (16/4) berakhir. Didukung pasukan NATO, aparat keamanan Afghanistan berhasil mengakhiri drama serangan tersebut setelah 18 jam.


  Tetapi, Presiden Afghanistan Hamid Karzai langsung menyalahkan NATO. Dia menegaskan bahwa serangan dari Taliban tersebut menunjukkan kegagalan fungsi intelijen, khususnya dari pihak NATO.


Selama melancarkan serangan, milisi Taliban berhasil menyusup ke Kabul dan mengambil alih serta menguasai tiga bangunan di lokasi strategis. Kelompok yang berkuasa di Afghanistan pada 1996-2001 itu menggempur sejumlah gedung pemerintah, kedutaan besar (kedubes) asing, serta pangkalan militer sebelum 15 orang tewas.


Pasukan Afghanistan berhasil merebut dan mengambil alih kontrol atas Kabul Senin (16/4). Sebagian penyerang menyamar sebagai perempuan dengan mengenakan burqa (baju yang menutup seluruh tubuh kecuali mata), lantas menyusup ke sejumlah lokasi strategis.


  Selama baku tembak di Kabul itu, total 51 orang tewas, termasuk 36 milisi Taliban, dan 74 lainnya terluka. Selain itu, serangan Taliban juga menarget sasaran di tiga provinsi di sekitar ibu kota. Sejumlah bangunan militer juga menjadi target.


  ”Penyusupan teroris di Kabul dan provinsi-provinsi lain itu merupakan kegagalan intelijen kami dan khususnya NATO. Karena itu, harus diselidiki dengan serius,” tegas Karzai dalam pernyataan resmi kemarin.


Meski begitu, Karzai memuji keberanian dan kesigapan pasukan keamanan dalam menghentikan aksi para teroris. ”Pasukan keamanan Afghanistan membuktikan diri kepada rakyat bahwa mereka mampu mempertahankan negaranya dengan sukses,” tuturnya.


Kritik Karzai soal kegagalan intelijen dalam serangan itu juga didukung para analis. ”Serangan yang kompleks dan simultan itu menunjukkan bahwa Taliban menggunakan strategi hebat untuk menghindari deteksi aparat. Bisa jadi telah terjadi kegagalan fungsi intelijen,”ungkap Martine van Bijlert dari Jaringan Analis Afghanistan. ”Namun, di kota yang padat seperti Kabul susah sekali menghentikan serangan model seperti itu,” tambahnya.


Aparat keamanan memimpin serangan balasan terhadap para pemberontak dan mengakhiri setelah terlibat 18 jam pertempuran. Sseorang juru bicara NATO di Afghanistan mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan dukungan melalui serangan udara sebagai respons atas permintaan aparat setempat.


NATO juga memuji kemampuan pasukan Afghanistan yang mengalami kemajuan signifikan dalam menjalankan tugas mengamankan negeri itu. ”Saya ikut bangga karena pasukan Afghanistan secara cepat merespons serangan di Kabul,” terang Jenderal John Allen, komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF).


Taliban menyatakan serangan terencana itu sebagai awal dari penyergapan musim semi. Zabihullah Mujahed, juru bicara Taliban, menyebut, serangan itu merupakan pesan bagi pemerintahan Karzai dan militer Barat karena yakin Taliban tidak akan melancarkan serangan di musim semi. "Serangan kali ini adalah awal dari serangan pada musim semi," tuturnya Minggu (15/4). (AFP/AP/cak/dwi)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Menunda Akuisisi BTN

MASIH teringat dari layar TV, wajah Budi Gunadi Sadikin semringah sepekan lalu. Kegembiraan bos Bank Mandiri yang baru berumur 40 tahun itu disebabkan terwujudnya impian yang dia idam-idamkan sejak lama. Yakni, mem­bawa bank yang dipimpinnya menjadi salah satu bank yang patut diperhitungkan di kancah ASEAN.

Butuh Listrik

Yth. Bapak kepala PLN...Kapan kampung kami (Kabupaten Pessel, Kecamatan Sutera Kenagarian Koto Nan 3 Selatan) akan dialiri listrik, padahal kampung kami bukan kampung terpencil..kami sekampung sangat berharap perhatian dan tindak lanjut dari bapak. Atas perhtian Bapak kami skmpg mengucapkan terima kasih. Wassalam.

Jumat ,25 April 2014

Perempuan Berpeluang Pimpin DPRD

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai.............................!

 

Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Jan sampai ndak panen lo Pak, ka kida suok beko...............................!

 

Korban Gigitan Musang Meninggal

Inalilallahi, awak ikuik baduka pak.................................................!