Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 12:48:26 WIB
BERITA DAERAH

Kab. Lima Puluh Kota

Jembatan Gantung semakin Hancur

Sungaibaringin-Gando Terputus

Padang Ekspres • Berita Peristiwa • Senin, 26/03/2012 13:03 WIB • (frv) • 910 klik

MENUNGGU AMBRUK: Lantai jembatan penghubung Sungaibaringin dengan Jorong Gando,

Limapuluh Kota,Padek—Sebuah jembatan gantung yang berada dekat bendungan warisan kolonial Belanda di Nagari Sungaibaringin, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dilaporkan semakin hancur sejak sebulan terakhir.


Lantai jembatan penghubung Sungaibaringin dengan Jorong Gando, Nagari Piobang yang terbuat dari kayu, nampak sudah copot, patah dan lapuk. Tidak seorang pun warga yang berani melewati jembatan tersebut.


”Jangankan sepeda motor, pejalan kaki saja tidak bisa lewat di atas jembatan itu,” ujar Asril, 55, pria penjaga bendungan warisan kolonial Belanda yang berada dekat jembatan ketika ditemui wartawan, Minggu (25/3) siang.


Asril mengatakan, selain lantai jembatan yang sudah lapuk, kawat besi penyangga jembatan juga berkarat. "Kalau ingin menyeberang, warga terpaksa menggunakan rakit. Warga menyebarang sepanjang jembatan atau 60 meter," ucapnya.


Wali Nagari Sungaibaringin Bachril Baheram mengatakan, sebelum rusak berat, jembatan gantung jembatan gantung itu menjadi alat penyeberangan utama bagi masyarakat 4 Jorong di Nagari setempat. Baik ke sawah atau ke ladang mereka, yang berada di seberang.


”Kini masyarakat kami sudah takut melalui jembatan yang membelah Batang Lampasi tersebut. Agar tidak terjadi korban jiwa, kita sudah larang para wanita dan anak-anak untuk melewati jembatan tersebut, sampai perbaikan dilakukan,” kata Bachril.


Tokoh pemuda Sungaibaringin Aking R Yunanda mengaku sedih, melihat jembatan di kampungnya dalam kondisi hancur. ”Padahal, masyarakat sudah mengusulkan perbaikan jembatan itu lewat Musrenbang Nagari dan Musrenbang Nagari,” ujarnya.


Aking yang juga wartawan Posmetro Padang (Padang Ekspres Group) berharap, pemerintah daerah dan DPRD memperhatikan jembatan di Sungaibaringin. Harapan serupa disampaikan aktifis Yudilfan Habib.


”Pemerintah daerah, harusnya lebih mementingkan pembangunan buat masyarakat kecil. "Perbaikan jembatan di Sungaiberingin, harusnya diutamakan karena berguna untuk kepentingan rakyat banyak,” demikian Habib. (frv)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!