Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 05:31:10 WIB
XPRESI

Sedih dan Iri saat Teman duluan Wisuda

Padang Ekspres • Selasa, 20/03/2012 14:11 WIB • (iwan) • 544 klik

Model: Yona ( Mhs UNP)   Fotografer: Riki Suardi  Desain: orta

Sistem sistem kredit semester (SKS) yang diterapkan di perguruan tinggi saat ini emang keren yah sobeX. Setiap mahasiswa “menabung” SKS dari mata kuliah yang telah mereka pelajari.

Jika jumlah SKS-nya sudah mencukupi, mereka pun bisa mengajukan judul untuk tugas akhir, membuat skripsi dan diwisuda. Karena sistem SKS ini, beberapa mahasiswa jadi bisa mengambil mata kuliah ke atasnya, mengejar para senior. Terus nih, ujung-ujungnya, mahasiswa tersebut bisa wisuda lebih dulu.


Ya, wisuda sebelum waktunya. Eits, bukan dalam konotasi yang negatif ya sobeX. Normalnya, pendidikan Strata Satu ditempuh dalam waktu empat tahun, tapi kini banyak mahasiswa yang bisa menyelesaikannya sebelum empat tahun. Kebanyakan diselesaikan dalam waktu tiga setengah tahun, bahkan ada yang lebih hebat, cukup tiga tahun saja.


Sah nggak sih yang kayak gitu? Ya sah-sah aja kok sobeX. Kalau semua mata kuliah udah selesai, jumlah tabungan SKS udah cukup, tugas akhir pun udah kelar diujikan, mau apa lagi kan kalau bukan wisuda. Seperti yang dilakukan oleh Eji dari UNP. Cewek yang kuliah di Fakultas Ekonomi ini baru aja diwisuda pada tanggal tiga Maret kemarin. Kata cewek ini, buat apa lama-lama kalau bisa siap cepat.


“Buat apa sih lama-lama. Mending kelar cepat kan, lebih hemat biaya juga kan. Lepas dari sana, langsung kerja.”
Sama seperti Eji, Silsia Rahmania juga baru saja diwisuda pada tanggal tiga kemarin di UNP.

Cewek yang namanya akrab tampil di halaman Xpresi ini akhirnya menyelesaikan studinya di Fakultas Ilmu Sosial dalam waktu tiga setengah tahun. Kenapa dia memilih wisuda dalam waktu cepat? “Pertama, semua mata kuliah dan tugas lainnya udah kelar. Kedua, bosan kuliah, pengen cepat kerja aja deh,” katanya.


Lalu, gimana tanggapan teman-teman kalian saat melihat kalian sudah diwisuda, padahal dulunya sama-sama masuk kuliah tapi sekarang berangkatnya udah duluan? “Yah, ada yang sedih juga sih, tapi kebanyakan mereka bangga karena melihat aku sukses,” tutur Eji. “Tentu aku juga pengen mereka menyusul secepatnya. Jangan lama-lama kuliah.”


“Mereka sih senang aku udah wisuda. Teman yang iri juga pasti ada, tapi iri dalam arti yang positif nih sobeX. Mereka jadi terpacu biar cepat wisuda,” jelas Silsia Rahmania. Kini, gadis bertubuh mungil ini sudah mulai bekerja di salah satu perusahaan di bagian costumer care. “Pesanku, cepat-cepat selesaikan kuliah.”


Yona, teman sekelas Eji mengaku memang sempat sedih dan merasa sedikit iri dengan wisuda Eji yang lebih dulu darinya. Meski begitu, Yona senang temannya di kelas itu sudah berhasil wisuda. “Dia udah meraih satu kesuksesan. Aku tentu senang dan sedikit iri ama dia. Apalagi kami kompak banget di kelas. Dari tahun pertama kuliah, kami selalu pergi kemana-mana bersama, kos pun begitu. Eh tahu-tahu dia wisuda duluan aja nih.”


Pun dengan Fitria, teman satu kos Silsia. Meski keduanya berbeda jurusan, tapi mereka kompak banget lho sobeX. Perkenalan mereka berdua dimulai dari belajar di tempat bimbel yang sama, hingga mereka kos pun di satu tempat yang sama dan menyewa di kamar yang sama. “Kami kenalannya bahkan sebelum kuliah, waktu itu masih bimbel. Kami kos di kamar yang sama, di tempat yang sama.

Kami nggak satu kampung sih, tapi kami kompak banget. Eh, sekarang dia udah wisuda duluan.” Sedih? Jelas ada. Terpaksa menjalani sisa masa kuliahnya sendirian. (iwan)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!