Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 07:44:54 WIB
METROPOLIS

Klaim tak Ada Bibit Palsu

Padang Ekspres • Sabtu, 17/03/2012 14:16 WIB • (e) • 205 klik

Aiapacah, Padek—Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Padang meminta petani tidak perlu khawatir dengan beredarnya bibit palsu di Sumbar. Dispernakbunhut mengklaim telah melakukan pengawasan peredaran bibit hingga ke kecamatan.


“Petugas di UPT juga memiliki pengalaman dalam melihat dan menganalisa suatu bibit. Hingga kini, belum ada bibit palsu yang dilaporkan petugas penyuluh di setiap kecamatan,” kata Kepala Dispernakbunhut, Corri Saidan, kepada Padang Ekspres, kemarin.


Saat ini, kata Corri, ada satu bibit yang telah mendapatkan sertifikasi, yakni mentimun. Sedangkan bibit kacang panjang dalam proses sertifikasi. “Dengan adanya sertifikasi bibit ini, hasil panen petani meningkat dan tentunya dapat menyejahterakan petani itu sendiri,” ungkap Corri.


Selain bibit palsu, Corri juga menyampaikan sepanjang 2011, Bidang Tanaman Pangan dan Hortikutura telah  melaksanakan beberapa kegiatan seperti pengembangan  padi tanam sebatang (PTS), pembinaan dan pengembangan  pemasaran tanaman hias raphis, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana pertanian.


Kegiatan Pengembangan PTS melalui bantuan benih  unggul (BLBU) dan sekolah lapangan (SL-PTS) 60  kelompok tani tersebar di delapan kecamatan dengan luas tanam 1,5 ribu hektare.

Masing-masing kelompok diberikan  bantuan benih unggul 25 kg setiap hektarenya dengan total 37,5 ribu kilogram. Disalurkan melalui PT Sang Hyang Sri  serta bantuan sosilan SL-PTS Rp2,995 juta per kelompok dengan total Rp179,9 juta dari target 1,5 ribu hektare.


Ini telah realisasi tanam 100 persen dan telah dipanen lebih kurang 700 hektare dengan rata-rata produktivitas 7,2 ton setiap hektarenya. (e)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!