Rabu, 16 April 2014 - 15 Jumadil Akhir 1435 H 15:01:12 WIB
BERITA DAERAH

Kota Bukittinggi

Antisipasi Kemiskinan, Berdayakan Perempuan

Padang Ekspres • Berita Pemerintahan • Jumat, 02/03/2012 14:22 WIB • (fd) • 358 klik

Bukittinggi, Padek—Upaya meminimalisir masalah kemiskinan guna peningkatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu target program pemerintah. Sehingga dibutuhkan pemberdayaan ekonomi yang mampu dengan tepat mengangkat pertumbuhan ekonomi. Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPP-KB) Bukittinggi, terus jalankan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera. (UPPKS).  


Program yang berbasis pada pemberdayaan ekonomi perempuan tersebut, ditujukan agar kaum perempuan mampu berperan aktif dalam peningkatan ekonomi keluargannya. Sebab dengan cara ini dinilai akan sangat efektif sebagai salah satu cara menanggulangi masalah kemiskinan.  
Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Bukittinggi, Zuibar, dalam keterangannya kepada wartawan, menyebutkan, modal yang diberikan untuk pengembangan usaha ekonomi keluarga itu, bersifat kredit lunak yang berasal dari bantuan sosial pusat.


“Saat ini telah terbentuk 25 kelompok Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Semakin banyak kelompok yang bisa dibentuk pertanda lancarnya  perputaran pinjaman yang diberikan. Sehingga setiap dana yang telah dikembalikan kembali bisa dimanfaatkan untuk membentuk kelompok lain,” jelas Zuibar.


Ditambahkannya, Modal pemberdayaan ekonomi perempuan dalam bentuk kredit lunak pada tahun 2008 lalu diberikan pusat sebesar Rp 85 juta. Saat itu masing-masing kelompok diberikan pinjaman sebesar Rp 5 juta untuk pengembangan usaha. Hasilnya dari 17 kelompok berkembang menjadi 25 kelompok peminjam.


Dengan adanya program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), dapat membantu kaum perempuan dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga sehingga pertumbuhan masyarakat miskin di kota bukittinggi dapat diantisipasi secara bertahap. (fd)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!