Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 15:54:31 WIB
METROPOLIS

312 Siswa SMKN 9 Uji Kompetensi

Padang Ekspres • Selasa, 21/02/2012 12:13 WIB • (e) • 445 klik

Bundokanduang, Padek—Siswa SMK untuk mendapatkan ijazah kelulusan tidak hanya cukup menguasai potensi akademik dengan ukuran ujian nasional (UN). Uji kompetensi juga menjadi tolok ukur siswa kejuruan ini untuk lulus.


Seperti di SMKN 9 Padang, sekolah berbasis pariwisata ini, melaksanakan uji kompetensi 20-23 Februari. Uji ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nusantara, Bandung.


Director LSP Pariwisata Nusantara, Imam Hudaya menjelaskan uji kompetensi sesuai dengan standar nasional. Meski yang di uji siswa SMK, standar yang diterapkan sama dengan yang diterapkan dengan pekerja pariwisata lainnya. Jadi standar yang diberlakukan, standar seperti yang ada di industri wisata profesional.


“Jadi sertifikasi ini, modal siswa untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang akan terbuka besar bagi pemegang sertifikasi ini. Untuk siswa ini, tidak ada perbedaan pelaksanaan ujinya,” imbuhnya.


Imam menambahkan LSP Pariwisata Nusantara baru pertama kali melakukan sertifikasi pada SMK negeri untuk mendapatkan sertifikasi ini. Biasanya, perusahaan yang ingin kinerja karyawannya teruji.


Kepala SMKN 9 Padang, Raymond menjelaskan 312 siswa yang berada di tingkat akhir mengikuti uji kompetensi. Pemilihan LSP Pariwisata Nusantara ini dipilih untuk memperbaiki mutu sekolah yang dipimpinnya. “Dengan menggunakan standar nasional diharapkan kemampuan yang telah dibekali sejak sekolah memang teruji,” harap Raymond. (e)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!