Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 14:03:03 WIB
METROPOLIS

312 Siswa SMKN 9 Uji Kompetensi

Padang Ekspres • Selasa, 21/02/2012 12:13 WIB • (e) • 442 klik

Bundokanduang, Padek—Siswa SMK untuk mendapatkan ijazah kelulusan tidak hanya cukup menguasai potensi akademik dengan ukuran ujian nasional (UN). Uji kompetensi juga menjadi tolok ukur siswa kejuruan ini untuk lulus.


Seperti di SMKN 9 Padang, sekolah berbasis pariwisata ini, melaksanakan uji kompetensi 20-23 Februari. Uji ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nusantara, Bandung.


Director LSP Pariwisata Nusantara, Imam Hudaya menjelaskan uji kompetensi sesuai dengan standar nasional. Meski yang di uji siswa SMK, standar yang diterapkan sama dengan yang diterapkan dengan pekerja pariwisata lainnya. Jadi standar yang diberlakukan, standar seperti yang ada di industri wisata profesional.


“Jadi sertifikasi ini, modal siswa untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang akan terbuka besar bagi pemegang sertifikasi ini. Untuk siswa ini, tidak ada perbedaan pelaksanaan ujinya,” imbuhnya.


Imam menambahkan LSP Pariwisata Nusantara baru pertama kali melakukan sertifikasi pada SMK negeri untuk mendapatkan sertifikasi ini. Biasanya, perusahaan yang ingin kinerja karyawannya teruji.


Kepala SMKN 9 Padang, Raymond menjelaskan 312 siswa yang berada di tingkat akhir mengikuti uji kompetensi. Pemilihan LSP Pariwisata Nusantara ini dipilih untuk memperbaiki mutu sekolah yang dipimpinnya. “Dengan menggunakan standar nasional diharapkan kemampuan yang telah dibekali sejak sekolah memang teruji,” harap Raymond. (e)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!