Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 15:03:33 WIB
NASIONAL

Daerah Perlu Insentif Petani

Padang Ekspres • Senin, 13/02/2012 12:08 WIB • (rdo) • 428 klik

Jakarta, Padek—Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto meminta daerah perlu mengambil kebijakan pemberian insentif bagi petani. Hal ini akan memberikan dorongan sebagai jaminan atas ketahanan pangan yang tengan krisis. Di samping itu, kebijakan insentif merupakan keberpihakan kepada para petani sehingga kesejahteraan mereka menjadi meningkat.


Hermanto mengemukakan itu saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dirut Perum Bulog, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian beserta tujuh gubernur (Jateng, Jatim, Jabar, Sumut, Lampung, Sumsel, Sulsel) yang surplus beras, beberapa waktu lalu.


Lebih lanjut legislator PKS Dapil II Sumbar ini menambahkan, kenaikan HPP (Harga Pembelian Pemerintah) perlu dikaji lebih spesifik agar menetapkan harga keseimbangan yang menguntungkan bagi petani, tetapi tidak memicu gejolak inflasi sehingga dapat menekan impor beras.


”Kalau kita ingin memberikan kesejahteraan petani, maka akan lebih tepat sasaran kalau pemerintah memberikan insentif kepada petani by name by adress. Hal ini akan lebih tepat sasaran,” sebutnya.


Hermanto memberikan apresiasi kepada para gubernur yang telah berhasil surplus beras. ”Kalau dijumlahkan dari tujuh provinsi yang surplus beras ada sekitar 13 juta ton. Persoalannya, beras sebanyak itu di mana keberadaannya? Apakah di petani, tengkulak atau Bulog? Kalau sebagian besar beras adanya ditengkulak, maka Bulog jelas akan kesulitan,” paparnya.


Ia menyarankan untuk mendukung target surplus beras 10 juta ton, maka pemerintah perlu mengatasi alih fungsi lahan, kelangkaan pupuk, penyediaan sarana dan prasarana pertanian, penyediaan bibit baru dan mempercepat pencetakan sawah baru.  (rdo)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!