Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 07:46:29 WIB
METROPOLIS

SMA Mulai Daftar Jalur Undangan

Padang Ekspres • Kamis, 02/02/2012 12:48 WIB • (mg8) • 1046 klik

VIA HP:  Laman SNMPTN juga bisa diakses melalui handphone.

Jati, Padek—Sejumlah SMA di Padang mulai mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan. SMAN 10 Padang misalnya, sudah menyelesaikan perangkingan siswa terbaiknya, lengkap dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti jalur tesebut.


“Kami sudah selesaikan data-data siswa kami yang akan didaftarkan untuk SNMPTN jalur undangan. Tinggal didaftarkan saja,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 10, Haryati kepada Padang Ekspres, kemarin (1/2).


Dia menyebut, jumlah siswa yang didaftarkan untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan mencapai 110 orang. Jumlah itu sudah mengikuti ketentuan 50 persen siwa kelas tiga di tiap SMA yang dibolehkan mengikuti jalur tersebut.


Rata-rata memilih jurusan Kedokteran sebagai pilihan utama, dan jurusan Teknik Industri. Mereka mendaftar di sebagian besar perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UI, ITB, UGM, Unpad, dan IPB. Untuk perguruan tinggi lokal, Unand dan UNP juga banyak diminati siswa.


Tahun lalu SMAN 10 mampu meluluskan 48 siswa melalui jalur SNMPTN. Dia menargetkan tahun ini semua yang ikut seleksi bisa lulus. “Ya harus lebih banyaklah dari tahun lalu,” katanya.


Begitu juga di SMAN 3 Padang. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Drita Yani menyatakan telah merangking siswa kelas tiga. “Secepatnya kami selesaikan dan lakukan pendaftaran,” katanya. Sebelum memilih jurusan siswa diberi pengarahan agar memilih jurusan sesuai nilai dan kemampuan.


Bahkan mereka mendatangkan tim seleksi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membantu siswa memilih dan menentukan pilihan jurusan melalui jalur undangan. “Perlu ketelitian untuk memilih. Kalau asal-asal ambil bisa tidak lulus,” katanya.


Jadwal pendaftaran sudah dibuka kemarin hingga 8 Maret. Kemudian, pengumuman siswa yang diterima melalui jalur tersebut pada 25 Mei, atau sehari setelah hasil ujian nasional (UN) diumumkan.


Untuk penyeleksian dilakukan panitia SNMPTN pusat dengan mempertimbangkan nilai rapor pada semester 3, 4, dan 5, khusus untuk mata pelajaran yang diujikan pada UN. Sementara kuota untuk jalur undangan itu, 46 ribu kursi dari 61 perguruan tinggi negeri di Indonesia.


Ketua panitia pusat SNMPTN, Akhmaloka mengingatkan sekolah segera mendaftarkan siswanya melalui jalur tersebut agar tidak terjadi penumpukan pendaftaran di akhir pendaftaran.  (mg8)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!