Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 22:58:19 WIB
PRO SUMBAR

ABS-SBK belum Mampu Ubah Prilaku

Padang Ekspres • Senin, 23/01/2012 13:36 WIB • (mg15) • 218 klik

Painan, Padek—Implementasi filosofi adat basandi syara, syara basandi kitabullah (ABS-SBK) belum sepenuhnya mampu mengubah prilaku masyarakat. Karena itu perlu pendekatan, baik secara teoritis maupun secara empiris.


“Padahal ABS-SBK adalah karakteristik dan jati diri utama masyarakat Minangkabau yang seyogyanya mampu meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai budaya yang bersumber pada syara,”.ujar  Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit kemarin.


Implementasinya  terlihat pembangunan keagamaan terkonsentrasi pada lahan keagamaan yang sempit sehingga ranah kaffah belum terjangkau secara maksimal, seperti pada ranah ekonomi dan budaya.Mestinya ada upaya k earah tersebut, agar tidak semakin terpuruknya  moralitas  masyarakat, terutama generasi muda, kembali galakkan budaya ke surau, galang ninik mamak untuk bisa mengendalikan kemenakannya ke arah yang lebih baik.


“Untuk itu pemerintah Kabupaten Pessel telah mengimplementasikan ABS-SBK dengan adanya beberapa kegiatan” ujarnya
Antara lain pesatren kilat pada bulan Ramadhan, didikan Subuh, uji baca Al Quran  bagi siswa yang melanjutkan pendidikan ke SMP dan calon pengantin serta bantuan bagi guru mengaji.


Kalau ini selalu  bisa dilakukan maka Kabupaten Pesisir Selatan sudah mampu  menjadikan penduduknya lebih religius dan berbudaya. Namun ternyata, hal itu belum mampu menjadikan sebagian besar penduduk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara baik dalam kehidupan individu, kelompok, dan bermasyarakat.


“Sepertinya  keseriusan dalam pemecahan masalah ini secara sistematik, komprehensif dan konsisten maka semua keinginan tersebut bisa terlaksana,” akhinya. (mg15)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!