Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 11:43:15 WIB
PRO SUMBAR

Pamsimas belum Maksimal

Padang Ekspres • Rabu, 20/04/2011 11:14 WIB • (nia) • 630 klik

Air Bersih: Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman mencoba air bersih Pamsimas saat

“Tujuan pelaksanaan program Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota dalam mendapatkan akses terhadap layanan air minum dan sanitasi yang sehat dan praktik hidup bersih dan sehat,” ujar Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman saat peresmian program Pamsimas di Dusun Pakotan Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, Senin (18/4).


Seperti diketahui, Pamsimas salah satu upaya pemerintah mencapai keberhasilan pembangunan bidang AMPL. Dijelaskan Mukhlis, beberapa program yang dilaksanakan sebelumnya bisa dikatakan belum maksimal.
Salah satu penyebab kegagalan pembangunan AMPL di Indonesia selama 15 tahun terakhir, adalah rendahnya kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam hal prilaku hidup bersih dan sehat.


Pelaksanaan program Pamsimas di Kota Pariaman tersebar di 11 lokasi. Salah satunya, Dusun Pakotan Desa Sikapak Barat. Sumber pembiayaan Pamsimas ini berasal dari 70 persen dari APBN (melalui loan Bank Dunia), 10 persen dana APBD Kota Pariaman dan kontribusi masyarakat sebesar 20 persen yang terdiri in-cash (uang tunai 4 persen) dan in-kind (material lokal dan tenaga 16 persen). “Keseluruhan, total anggaran masing-masing desa Rp275 juta,” terang Wako.


Wako berharap masyarakat Dusun Pasa Ilalang Desa Taluak terus  menjaga keberlanjutan dan kesinambungan operasional sarana Pamsimas, sehingga dapat dimanfaatkan secara terus menerus bahkan sampai kepada akses sambungan rumah milik masyarakat. (nia)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Selesaikan Pemilu, Jangan Terlena Koalisi

LUPAKAN sejenak hiruk pikuk isu koalisi partai politik. Proses pemilihan umum legislatif 2014 masih berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Rencananya, KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara pada 7 Mei 2014. Proses tersebut pun harus terus dikawal. Sebab, itulah yang nanti menjadi pijakan untuk proses berikutnya, yakni pengisian pejabat DPR dan pemilihan umum presiden (pilpres). Hasil penghitungan cepat memang bisa menjadi pedoman awal. Namun, bukan itu yang berlaku secara nasional.

Perbaiki Layanan RS Ahmad Muchtar

YTH bapak pimpinan Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi. Apa begitu pelayanannya, adik saya masuk rumah sakit pagi jam 9 dan pulang jam 4 sore tapi siangnya tidak dikasih makan. Padahal kami bayar cash. Tolong dijelaskan.

Senin, 21 April 2014

Jadilah Konsumen Cerdas

Parhatian bana kalau ka mambali-bali tuh. Jan sampai takicuah pulo........................................................!

 

Kadis dan Kabid DKP jadi Tersangka

Itulah Pak, jan buang sampah jo sambarangan.......................................!

 

Caleg Nasdem Dilaporkan Money Politic

 Lah ka salasai pemilu ko, banyak nan saliang malapor mah..........................!