Sabtu, 19 April 2014 - 18 Jumadil Akhir 1435 H 01:20:47 WIB

Gambar 3D untuk Fitting Sepeda

Padang Ekspres • Minggu, 01/01/2012 12:54 WIB • (jpnn) • 571 klik

PRESISI: Sistem fitting sepeda Retul mirip dengan pengambilan gerakan satu figur

KEKUATAN fisik dan strategi saja tidak cukup untuk mengantarkan seorang pembalap menjadi juara di UCI World Tour. Seorang pembalap harus di dukung “senjata” yang hebat untuk menjadi pemenang.

Bagi seorang pembalap sepeda, “senjata” itu adalah sepeda yang dia naiki. Karena setiap pembalap memiliki postur masing-masing yang unik, setting sepeda harus pas dengan postur masing-masing pembalap.


Salah satu teknologi tercanggih untuk men-setting alias fitting sepeda adalah retul fit system. Sistem itu khusus diciptakan untuk menyetel sepeda. Sistem ini mulai populer saat digunakan tim Amerika Serikat untuk menyiapkan sepeda atlet triathlon yang akan diterjunkan pada Olimpiade Beijing 2008. Kini sistem tersebut sudah menyebar ke penjuru dunia.


Salah satu yang menggunakan sistem itu untuk menyiapkan sepeda menjelang UCI World Tour 2012 adalah RadioShack-Nis san-Trek. Pada 7 Desember lalu, mereka mengarahkan dua pembalap andalannya, Frank Schelck dan Andy Schleck, untuk fitting sepeda trek seri Madone 6.9 SSL dengan menggunakan retul.


Fitting sepeda menggunakan retul sangat detail karena sistem itu menggunakan gambar 3D. Cara kerja sistem tersebut adalah pembalap naik sepeda yang akan di-setting yang diletakkan di tempat khusus sehingga tidak bergerak. Tidak seperti sepeda statis, sepeda bisa bergerak ke kanan dan ke kiri persis seperti saat dikayuh di jalan raya.


Pada lengan, siku, bahu, punggung, lutut, dan engkel pembalap dipasang sensor. Sensor tersebut berfungsi merekam gambar gerak pembalap saat mengayuh sepeda. Pengambilan gambar gaya mengayuh pembalap itu mirip dengan pola yang dilakukan untuk merekam gambar gerakan satu figur buat film animasi. Gerakan pembalap yang direkam tadi lantas dievaluasi untuk menentukan setting yang pas.


“Ini benar-benar merupakan evolusi yang luar biasa dalam hal teknologi sepeda,’’ papar Allen Lim PhD, ahli fisiologi olahraga untuk tim Slipstream Pro Cycling. (jpnn)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!