Senin, 21 April 2014 - 20 Jumadil Akhir 1435 H 06:27:30 WIB
INTERNASIONAL

Bayi Berkepala Dua

Dokter Klaim Kondisi Ibu dan Bayi Sehat

Padang Ekspres • Jumat, 23/12/2011 11:26 WIB • (guh/jpnn) • 476 klik

KONDISI BAIK: Bayi kepala dua, Emanoel dan Jesus

Porto Alegre, Padek—Emanoel dan Jesus. Itulah nama yang diberikan Maria de Nazare kepada bayi berkepala dua yang dilahirkannya di RS Santa Casa de Misericordia, Porto Alegre, Brazil.


Tim dokter yang membantu kelahiran Emanoel dan Jesus menyatakan bayi disepalik yang berbagi hati, paru-paru, jantung dan tulang pinggul itu dalam keadaan sehat.


"Ketika dokter melakukan scan pada tubuhnya (Mari de Nazare), mereka menyadari bahwa bayi yang dikandung memiliki dua kepala, dan kelahiran secara normal akan sangat berbahaya bagi sang ibu juga bayi," ujar direktur RS Santa Casa de Misericordia, Claudionor Assis de Vasconcelos, kepada koran Brazil O Povo. "Operasi caesar berlangsung selama satu jam karena bayi dalam posisi duduk. Terlepas dari semua masalah yang kami miliki sebagai rumah sakil kecil di pedalaman, kami berhasil menyelamatkan bayi dan ibu," sambungnya lagi.


Sang ibu memang berharap mendapatkan bayi kembar. Tetapi ia baru mengetahu kondisi bayinya hanya beberapa menit sebelum tim dokter menyarankan operasi caesar untuk menyelamatkan dirinya dan bayi yang dikuandungnya yang memiliki dua tulang belakang dalam satu tubuh.


Dalam beberapa kelahiran bayi berkepala dua dimana salah satu kepala memiliki kapasitas otak yang kurang berkembang, dokter dapat dengan mudah memilih kepala mana yang akan dikorbankan. Tentu saja, kepala yang memiliki kapasitas otak yang kurang berkembang itulah yang biasanya "dikorbankan". Jarang sekali kasus seperti yang dialami Mari de Nazare ini terjadi, dimana kedua kepala memiliki kapasitas otak yang sama.


"Bila kedua otak berfungsi baik, bagaimana kami bisa memutuskan yang mana yang harus "dilepaskan"," ujar Neila Dahas, salah seorang doter yang terlibat dalam operasi.


"Kami tidak mempertimbangkan kemungkinan operasi (untuk melepas salah satu kepala). Apa yang kami pikirkan saat ini adalah merawat bayi dalam keadaan baik dan melihat bagaimana mereka berkembang," kata Neila Dahas lagi.


Emanoel dan Jesus adalah bayi disepalik kedua yang lahir di Brazil tahun ini. Bayi berkepala dua yang lahir sebelum mereka disebutkan meninggal dunia beberapa jam setelah lahir karena salah satu kepala kekurangan oksigen. Juga disebutkan dalam waktu lebih dari 200 tahun terakhir setidaknya tercatat 14 kelahiran bayi kembar berkepala dua seperti Emanoel dan Jasus.


Di Amerika Serikat bayi berkepala dua terakhir kali dilahirkan 21 tahun lalu. Abigail dan Brittany Hansel, begitu nama keduanya, hingga kini dalam keadaan sehat dan sempat muncul di Oprah Winfrey Show beberapa waktu lalu. (guh/jpnn)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!