Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 15:06:53 WIB
INTERNASIONAL

Bayi Berkepala Dua

Dokter Klaim Kondisi Ibu dan Bayi Sehat

Padang Ekspres • Jumat, 23/12/2011 11:26 WIB • (guh/jpnn) • 478 klik

KONDISI BAIK: Bayi kepala dua, Emanoel dan Jesus

Porto Alegre, Padek—Emanoel dan Jesus. Itulah nama yang diberikan Maria de Nazare kepada bayi berkepala dua yang dilahirkannya di RS Santa Casa de Misericordia, Porto Alegre, Brazil.


Tim dokter yang membantu kelahiran Emanoel dan Jesus menyatakan bayi disepalik yang berbagi hati, paru-paru, jantung dan tulang pinggul itu dalam keadaan sehat.


"Ketika dokter melakukan scan pada tubuhnya (Mari de Nazare), mereka menyadari bahwa bayi yang dikandung memiliki dua kepala, dan kelahiran secara normal akan sangat berbahaya bagi sang ibu juga bayi," ujar direktur RS Santa Casa de Misericordia, Claudionor Assis de Vasconcelos, kepada koran Brazil O Povo. "Operasi caesar berlangsung selama satu jam karena bayi dalam posisi duduk. Terlepas dari semua masalah yang kami miliki sebagai rumah sakil kecil di pedalaman, kami berhasil menyelamatkan bayi dan ibu," sambungnya lagi.


Sang ibu memang berharap mendapatkan bayi kembar. Tetapi ia baru mengetahu kondisi bayinya hanya beberapa menit sebelum tim dokter menyarankan operasi caesar untuk menyelamatkan dirinya dan bayi yang dikuandungnya yang memiliki dua tulang belakang dalam satu tubuh.


Dalam beberapa kelahiran bayi berkepala dua dimana salah satu kepala memiliki kapasitas otak yang kurang berkembang, dokter dapat dengan mudah memilih kepala mana yang akan dikorbankan. Tentu saja, kepala yang memiliki kapasitas otak yang kurang berkembang itulah yang biasanya "dikorbankan". Jarang sekali kasus seperti yang dialami Mari de Nazare ini terjadi, dimana kedua kepala memiliki kapasitas otak yang sama.


"Bila kedua otak berfungsi baik, bagaimana kami bisa memutuskan yang mana yang harus "dilepaskan"," ujar Neila Dahas, salah seorang doter yang terlibat dalam operasi.


"Kami tidak mempertimbangkan kemungkinan operasi (untuk melepas salah satu kepala). Apa yang kami pikirkan saat ini adalah merawat bayi dalam keadaan baik dan melihat bagaimana mereka berkembang," kata Neila Dahas lagi.


Emanoel dan Jesus adalah bayi disepalik kedua yang lahir di Brazil tahun ini. Bayi berkepala dua yang lahir sebelum mereka disebutkan meninggal dunia beberapa jam setelah lahir karena salah satu kepala kekurangan oksigen. Juga disebutkan dalam waktu lebih dari 200 tahun terakhir setidaknya tercatat 14 kelahiran bayi kembar berkepala dua seperti Emanoel dan Jasus.


Di Amerika Serikat bayi berkepala dua terakhir kali dilahirkan 21 tahun lalu. Abigail dan Brittany Hansel, begitu nama keduanya, hingga kini dalam keadaan sehat dan sempat muncul di Oprah Winfrey Show beberapa waktu lalu. (guh/jpnn)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!