Rabu, 23 April 2014 - 22 Jumadil Akhir 1435 H 15:04:58 WIB
RAKYAT SUMBAR

Waspadai Supermoon

Padang Ekspres • Rabu, 16/03/2011 09:27 WIB • * • 3135 klik

Supermoon: Saat  gerhana bulan, jarak bulan dengan bumi dekat sehingga bisa memi

”Bulan sangat mempengaruhi bumi, saat posisi bulan berada dekat ke bumi, maka grafitasi akan turun, akibatnya akan terjadi badai, gelombang pasang, hujan, juga aktivitas gunung merapi. Namun kita tidak tahu terjadinya di mana, yang penting kita harus hati-hati,” ujarnya.
Koordinator manajer pusat kendali operasi penanggulangan bencana Provinsi Sumbar ini mengimbau agar masyarakat agar memahami ini secara ilmiah, tapi bukan takut tak tanpa alasan yang jelas. Dia menegaskan, bencana yang diakibatkan supermoon mungkin terjadi di seluruh bagian dunia, bukan hanya di Sumbar. Selain itu, menurutnya, jika bencana itu akan terjadi, biasanya dalam hitungan 3 hari sebelum dan sesudah tanggal 19 tersebut.
”Berdasarkan riset, 77 persen bencana terjadi pada saat gerhana bulan atau bulan purnama, itu data ilmiah, bukan mistik atau klenik,” tegasnya.Sementara Kepala Bagian Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang, Syafrizal membantah kalau supermoon dapat memicu bencana. Menurutnya, supermoon hanya dapat memicu terjadinya pasang naik, karena grafitasi atau daya tarik bulan lebih kuat ke bumi.
Dia menjelaskan supermoon adalah kejadian di mana posisi bulan sangat dekat ke bumi. Dan, yang terjadi tahun ini adalah yang paling dekat dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. ”Supermoon tidak ada hubungannya dengan gempa, karena gempa terjadi di dasar bumi, sedangkan supermoon di atas atmosfer,” ujarnya. Selain itu, menurut ramalan BMKG dalam beberapa hari ke depan, cuaca di Sumbar relatif cerah pada siang hari dan berkemungkinan hujan ringan pada sore dan malam hari. ”Dalam dua atau tiga hari ke depan, cuaca Sumbar diprediksi cerah pada siang hari dan hujan ringan pada sore atau malam hari,” ujarnya.(a)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita
Dari : jendri
Kamis, 16/06/2011 - Jam 21:47 WIB
itu lah kebesaran tuhan,.,.apakah supermoon pasti menimbulkan bencana??????
Selasa, 05/04/2011 - Jam 17:17 WIB
jangan panik!!!!
oce?????
Selasa, 05/04/2011 - Jam 17:12 WIB
masyarakat tolong jangan panik, karena ini bukan akhir dari kehidupan di dunia (kiamat).
kan cuma gejala alam biasa.
yang penting terus beriktiar dan berdoa ke pada ALLAH
Dari : sisca
Minggu, 03/04/2011 - Jam 14:47 WIB
oleh karena itu pihak BMKG dituntut utk selalu memberi informasi kepada masyarakat luas utk mengantisipasi efek dr supermoon.
diminta jg kepada masyarakat luas utk selalu waspada dan selalu berhati-hati.
Dari : jah
Minggu, 03/04/2011 - Jam 12:41 WIB
gm dng ulet bulu dprobolinggo, kira-kira ada hub.g dng super moon.?


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Lokomotif tanpa Gerbong

KEPUTUSAN Ketua Umum Partai Persatuan Pem­ba­ngu­nan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) berkoalisi dengan Partai Gerindra tanpa syarat, ternyata berbuntut panjang.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Rabu ,23 April 2014

18 Caleg Incumbent Lolos

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai...........................!

 

Kepsek Pemukul Siswa jadi Tersangka

Proses sesuai hukum, Pak polisi...................................!

 

DPRD Pessel Diisi Wajah Baru

Lah tibo lo masonyo mah..............................!